Jakarta (ANTARA) -
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menyalurkan 137 ribu paket beras zakat fitrah 1445 Hijriah/2024 Masehi seberat 5 kg untuk para penerima manfaat (mustahik) di 38 provinsi di seluruh Indonesia.
 
Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan mengatakan distribusi 137 ribu paket beras zakat fitrah ini merupakan bukti nyata BAZNAS dalam menunaikan amanah.
 
"Alhamdulillah telah dilaksanakan giat program pendistribusian zakat fitrah untuk masyarakat keluarga miskin sebanyak 137 ribu paket beras premium ke berbagai wilayah di Indonesia sejak Selasa, 4 April 2024," ujar Saidah dalam keterangannya di Jakarta, Senin.
 
Menurut Saidah, paket beras zakat fitrah BAZNAS menjangkau wilayah-wilayah yang sulit dilalui, seperti di Provinsi Kalimantan Utara. Pendistribusian zakat fitrah di Kaltara dilakukan dengan menggunakan speed boat hingga ke beberapa wilayah pedesaan di pedalaman.
 
"Di wilayah Jawa Barat dan Sulawesi Selatan, zakat fitrah didistribusikan langsung ke rumah-rumah penduduk hingga ke masyarakat pekerja rentan," katanya.
 
Untuk memastikan mutu dan kualitas, Saidah mengungkapkan BAZNAS memberdayakan para petani lokal, sehingga bisa memberikan pemerataan ekonomi dan beras yang dihasilkan dapat terjamin.
 
"Dalam menyukseskan program pengadaan beras zakat fitrah 1445 Hijriah, BAZNAS RI memberdayakan para petani lokal, sehingga dapat memberikan kesejahteraan yang merata di tengah masyarakat," katanya.
 
Ia berharap pendistribusian zakat fitrah ini dapat memberikan berkah yang berlimpah bagi penerima manfaat dan penyempurna amalan ibadah di bulan Ramadhan ini.

Baca juga: Kemenkumham salurkan zakat fitrah senilai Rp1,42 miliar melalui Baznas

Baca juga: YKMI apresiasi Baznas tanggapi keresahan warga soal donasi McDonald's

Baca juga: Gubernur Sumbar: Zakat adalah solusi untuk permasalahan umat

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024