Jakarta (ANTARA) - Jika Anda sedang mencari inspirasi untuk potongan rambut Anda selanjutnya, ada hal yang perlu diingat yaitu memilih potongan rambut terbaik untuk bentuk wajah Anda.
 
Bagaimanapun, hal ini dapat membuat perbedaan besar, itulah sebabnya penata rambut Brad Mondo membagikan tipsnya .
 
Melalui laman Popsugar pada Selasa (17/10) waktu setempat, Mondo menyebutkan ada enam bentuk wajah umum yang disukai semua orang diantaranya bentuk berlian seperti Jennifer Lopez, bulat seperti Chrissy Teigen, persegi seperti Angelina Jolie, lonjong seperti Sarah Jessica Parker, bentuk hati seperti Jessica Alba, dan oval seperti Beyoncé
Dengan mengetahui bentuk wajah ini, bisa sebagai panduan membantu Anda memilih potongan rambut yang paling bagus untuk Anda.
 
Untuk bentuk wajah berlian, Mondo menjelaskan bahwa tujuan dari wajah berlian adalah untuk mempertegas lebar dahi dan garis rahang Anda. Untuk melakukannya, pertimbangkan potongan rambut yang berada tepat di dagu Anda seperti bob tumpul, atau gaya rambut panjang dan lurus untuk memperhalus sudut wajah Anda.
 
Untuk bentuk wajah bulat, Mondo menyarankan agar Anda menghindari model bob pendek atau potongan apa pun yang berakhir tepat di dagu untuk menghindari penambahan lebar pada wajah Anda.
 
Potongan rambut yang lebih panjang dengan lapisan tipis di sekitar wajah dapat membantu menonjolkan tulang pipi dan membuat wajah Anda lebih berbentuk.
 
Sementara untuk wajah persegi cocok dipadukan dengan poni, terutama poni tirai yang membulat, jelas Mondo. Menambahkan sepanjang apapun di bawah dagu akan membantu memanjangkan wajah Anda dan terlihat sangat bagus pada bentuk ini.
 
Pada pemilik wajah lonjong, Anda sebaiknya memberikan volume pada bagian tengah wajah Anda untuk menyanjung bentuk ini, kata Mondo. Untuk melakukannya, cobalah potongan rambut dengan layering yang berakhir di tulang pipi atau potongan rambut pendek. Dia juga merekomendasikan poni yang jatuh di alis Anda.
 
Potongan rambut bagi pemilik wajah berbentuk hati, bisa mendapatkan keuntungan dengan menambahkan lebih banyak lebar pada garis rahangnya. Cobalah potongan rambut pendek untuk menambah volume di dagu dan menata rambut Anda dengan gaya gelombang pantai. Poni samping juga berfungsi untuk memamerkan bentuk wajah Anda.
 
Sedangkan pada wajah oval sudah sangat seimbang, sehingga panjang atau potongan rambut apa pun cocok untuk bentuk wajah ini.
 
Meskipun Mondo mengawali nasihatnya dengan mengatakan Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dengan rambut Anda, dia menjelaskan bahwa tips ini dapat membantu dalam memilih gaya rambut yang optimal untuk bentuk wajah Anda jika Anda sedang bingung.

Baca juga: Cara buat rambut "mermaid" ala Kate Middleton, langsung dari penatanya

Baca juga: Tips mendapatkan rambut menawan ala salon

Baca juga: Tren gaya rambut 2021, pixie hingga layer panjang

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023