Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar pertemuan dengan pihak RSPAD Gatot Soebroto untuk memastikan kesiapan layanan untuk tes kesehatan bakal pasangan capres dan cawapres Pemilu 2024.

"Pertemuan ini penting karena RSPAD yang ditunjuk oleh KPU atau ditetapkan oleh KPU sebagai rumah sakit yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan para calon presiden dan calon wakil presiden yang didaftarkan ke KPU," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari usai rapat tertutup dengan pihak RSPAD Gatot Soebroto di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa.

Hasyim menjelaskan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan sehari setelah bakal pasangan capres dan cawapres hadir dan mendaftar ke KPU RI.

"Jadi, setiap bakal pasangan calon yang didaftarkan ke KPU, itu kemudian sehari setelah didaftarkan diberikan kesempatan melakukan layanan pemeriksaan kesehatan yang difasilitasi oleh KPU di RSPAD," jelasnya.

Baca juga: Anies Baswedan cek kesehatan di RSUP Fatmawati untuk daftar capres

Dipilihnya RSPAD Gatot Soebroto sebagai lokasi tes kesehatan bakal pasangan capres-cawapres Pemilu 2024, kata Hasyim, karena RSPAD merupakan rumah sakit yang memeriksa dan memonitor kesehatan presiden dan wapres, sehingga sudah memenuhi standar untuk pemeriksaan kesehatan.

"RSPAD rumah sakit kepresidenan yang hari-hari memeriksa, memonitor beliau-beliau yang menjabat sebagai presiden dan wakil presiden, dan yang akan kami periksa ini kan calon presiden, calon wakil presiden. Entah siapa pun, pasti di antara mereka akan jadi presiden dan wakil presiden," kata Hasyim.

Dia menambahkan pihak RSPAD Gatot Soebroto akan segera membentuk tim dokter yang akan melakukan tes kesehatan para bakal pasangan capres dan cawapres Pemilu 2024.

"Kami meyakini RSPAD pasti akan berkoordinasi rapat dengan kolega-kolega sesama dokter yang sesuai dengan bidang keahliannya yang diperlukan untuk memeriksa kesehatan," ucapnya.

Baca juga: KPU sebut Muhaimin tetap harus tes kesehatan lagi usai daftar cawapres

Dia mengingatkan kembali bahwa masa pendaftaran calon peserta Pilpres 2024 tinggal menghitung hari, yakni pada tanggal 19-25 Oktober 2023 di Kantor KPU RI, Jakarta. Oleh karena itu, dia menegaskan KPU RI terus mematangkan persiapan.

"Sehingga, dengan demikian, RSPAD dan tim pemeriksa akan menyiapkan segala sesuatunya supaya nanti pada saatnya telah tiba, RSPAD dan tim pemeriksa juga sudah bersiap," ujar Hasyim.

Hingga Selasa, Hasyim menyebutkan telah ada gabungan partai politik yang menginformasikan kepada KPU RI untuk mendaftarkan bakal pasangan capres dan cawapres usungan mereka pada hari pertama pendaftaran, Kamis pagi (19/10).

Baca juga: KPU: RSPAD Gatot Soebroto jadi tempat tes kesehatan capres-cawapres

Pewarta: Cahya Sari
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023