Tangerang (ANTARA) - Peserta pelatihan kepemimpinan nasional tingkat II (PKN2) angkatan V yang merupakan pejabat eselon II dari berbagai daerah di Indonesia mempelajari pengentasan kemiskinan ekstrem dan reformasi birokrasi dari Pemkot Tangerang, Banten.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Untung Saritomo di Tangerang Selasa mengatakan, kegiatan pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan dengan materi yang berbeda.

"Mulai dari strategi pengurangan beban pengeluaran untuk pengentasan kemiskinan hingga strategi peningkatan tata kelola pemerintah untuk pengentasan kemiskinan yang selama ini dilakukan Pemkot Tangerang," kata Untung Saritomo disela kegiatan pelatihan di Puspemkot Tangerang.

Baca juga: GDI beri dorongan kuat untuk upaya pengentasan kemiskinan global

Selain itu, visitasi kepemimpinan nasional oleh PKN2 ini diharapkan mampu memberikan presentasi terbaik yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta perwakilan dari berbagai daerah untuk diadaptasi sebagai salah satu solusi pengentasan kemiskinan dan reformasi birokrasi di daerah masing-masing.

“Harapan kedepannya, semoga seluruh peserta yang terlibat dalam visitasi ini dapat mengadopsi serta memodifikasi mekanisme yang selama ini diterapkan Pemkot Tangerang, untuk dapat disampaikan, dipelajari, dan diimplementasikan lebih lanjut di daerah masing-masing,” ujar Untung Saritomo.

Baca juga: Bangka Barat luncurkan aplikasi si-Rupawan untuk tangani kawasan kumuh

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang, Heryanto menambahkan, Kota Tangerang dipilih sebagai lokasi tujuan visitasi bukan tanpa alasan.

Selama ini, Kota Tangerang dinilai menjadi salah satu daerah terbaik yang sukses mengatasi permasalahan kemiskinan ekstrim dan mengimplementasikan reformasi bikrokrasi. Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang selama ini diraih oleh Pemkot Tangerang.

“Kota Tangerang menjadi pilihan tujuan visitasi karena dianggap sebagai salah satu daerah yang terbukti berhasil sesuai indikator tema yang ditentukan. Seperti, Pemkot Tangerang telah mendapatkan legitimasi berbagai penghargaan, bahkan tahun 2023 ini saja telah meraih 48 penghargaan,” katanya.

Baca juga: Ketua DPD apresiasi upaya pemerintah pusat entaskan kemiskinan
Baca juga: Kemnaker perkuat kebijakan pengentasan kemiskinan ekstrem

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023