Beijing (ANTARA) - China dan Turkmenistan memperdalam kerja sama di bidang energi sekaligus mendorong hubungan bilateral, lapor Xinhua pada Selasa.

Wakil Perdana Menteri China Ding Xuexiang bertemu dengan delegasi tingkat tinggi Turkmenistan di Beijing pada Senin tersebut.

Pertemuan ini diadakan menjelang Forum Sabuk dan Jalur Sutra untuk Kerja Sama Internasional (Belt and Road Forum for International Cooperation) ketiga, yang rencananya akan digelar pada Selasa (17/10) dan Rabu (18/10) di Beijing.

Delegasi Turkmenistan mencakup Penasihat Presiden Ashirguly Begliev dan Wakil Perdana Menteri Rashid Meredov.

Ding, mengatakan bahwa China bersedia bekerja sama dengan Turkmenistan untuk sepenuhnya mengimplementasikan konsensus penting yang telah dicapai oleh kedua kepala negara, memperdalam kerja sama di bidang energi, serta memajukan hubungan bilateral.

Delegasi yang sedang melakukan lawatan resmi itu mengatakan hasil-hasil yang bermanfaat telah terwujud dalam kerja sama Turkmenistan dengan China di bidang gas alam, seraya menambahkan bahwa Turkmenistan bersedia untuk terus memperdalam kerja sama energi bilateral dan mendorong kemitraan strategis komprehensif antara kedua negara. 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023