Jakarta (ANTARA) - Pelatih ganda putri Pelatnas PBSI, Eng Hian, mengatakan perkembangan pemulihan cedera Apriyani Rahayu sudah mencapai 95 persen.

“Rasa sakitnya sudah 90-95 persen hilang. Hanya memang untuk meyakinkan sudah pulih benar, saya memutuskan menarik mundur Apri/Fadia dari Denmark Open. Selain untuk meyakinkan kembali Apri bahwa dia sudah siap bertanding,” kata sang pelatih yang  akrab dipanggil Didi itu dalam keterangan resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), di Jakarta, Selasa.

Apriyani mengalami cedera betis kanan saat tampil di Asian Games lalu. Ia yang berpasangan dengan 
Siti Fadia Silva Ramadhanti di nomor ganda putri pun terpaksa menarik diri dari turnamen Denmark Open 2023 yang memiliki level BWF Super 750. 

Dengan absennya Apri/Fadia dari turnamen bulutangkis Denmark Open 2023 yang akan bergulir pada 17-22 Oktober, maka wakil Indonesia di ganda putri tersisa satu yakni pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi.

Didi mengaku belum dapat memastikan apakah Apri/Fadia yang juara Hong Kong Open 2023 ini bakal bertanding di French Open pekan depan atau tidak.

“Untuk French Open masih 50:50. Nanti kita lihat kondisinya sepanjang minggu ini,” kata Didi.

Meskipun tidak akan bertanding, Fadia tetap berangkat ke Denmark. Kehadiran pemain asal Bogor di Odense adalah untuk memenuhi kewajiban BWF sebagai Top Committed Players.

Indonesia juga kehilangan pemain tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo yang ditarik mundur setelah mengalami diare selama bertanding di Arctic Open 2023 minggu lalu.

“Chico mengalami diare sepanjang bertanding di Finlandia (Arctic Open 2023) pekan lalu. Di babak pertama dan kedua dia bertanding dengan tidak optimal karena keadaannya lemas. Maka kami putuskan untuk mundur dari Denmark Open dan kembali ke Jakarta. Biar fit dulu lalu bersiap lagi untuk turnamen selanjutnya,"  kata pelatih tunggal putra, Irwansyah

Dengan absennya Chico, maka wakil Indonesia di tunggal putra tersisa dua pemain, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Di tunggal putri, Indonesia memiliki dua perwakilan yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Kemudian di ganda putra Indonesia memiliki lima pasangan, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Sementara itu di ganda campuran, Indonesia memiliki empat wakil yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati,  Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja; dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.


Baca juga: Apri/Fadia memutuskan mundur di babak 16 besar, usai Apri alami cedera
Baca juga: Ganda putra benahi kekurangan tim jelang Denmark Open
Baca juga: Timnas bulu tangkis langsung gelar latihan setiba di Denmark

 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023