momen ini juga diikuti dengan peresmian penjualan tiket Kereta Cepat Whoosh melalui aplikasi mobile resmi milik KCIC, yaitu Whoosh.
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberikan tarif promo tiket kereta cepat seharga Rp150.000 untuk kelas premium economy melalui aplikasi Whoosh.

"Melalui momen peresmian perjalanan kereta cepat pertama yang mengangkut penumpang berbayar sekaligus dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-8, KCIC menghadirkan promo tiket seharga Rp150.000 untuk satu kali perjalanan," ucap Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, momen ini juga diikuti dengan peresmian penjualan tiket Kereta Cepat Whoosh melalui aplikasi mobile resmi milik KCIC, yaitu Whoosh.

Baca juga: KCIC umumkan tarif promo Kereta Cepat "Whoosh" Rp300.000

Selain itu, kaya Eva, pembelian tiket kereta cepat juga dapat dilakukan melalui Access By KAI dan Livin' by Mandiri. Sementara, sejumlah aplikasi mobile lainnya seperti BRImo dan BNI Mobile Banking dalam waktu dekat juga dapat mengakomodir pembelian tiket kereta cepat.

"Saat ini, melalui kerja sama yang dilakukan, fitur pembayaran menggunakan virtual account dari Bank Mandiri, BNI, dan BRI tersebut juga telah dapat mengakomodir pada transaksi pembelian tiket Kereta Cepat Whoosh di berbagai channel penjualan tiket," ujarnya.

Eva menjelaskan berbagai promo yang dihadirkan KCIC juga merupakan bentuk upaya mendukung pemerintah untuk mengurangi kemacetan dan polusi sebagai dampak tingginya penggunaan kendaraan di jalan raya.

"Melalui beragam promo tiket Kereta Cepat Whoosh yang dihadirkan diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik berbasis rel khususnya mengalihkan pengguna jalan raya yang beraktivitas di jalur Jakarta-Bandung agar menggunakan kereta cepat," ucap Eva.

KCIC memberikan tarif promo untuk Kereta Cepat Whoosh senilai Rp150.000 itu dengan rute Halim-Padalarang, Halim-Tegalluar, dan sebaliknya. Promo tersebut berlaku untuk keberangkatan 18 Oktober-30 November 2023.

"Penerapan berbagai promo tersebut akan terus dilakukan karena Kereta Cepat Whoosh adalah kereta komersial, KCIC akan menggunakan strategy dynamic pricing sehingga penerapan tarif akan mengikuti pola permintaan atau strategi perusahaan dengan menggunakan perhitungan dan kajian yang tepat," kata Eva.

Selain itu, ia juga menginformasikan bagi penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket Kereta Cepat Whoosh keberangkatan 18-23 Oktober 2023 akan mendapatkan tiket gratis sesuai jumlah yang telah dibeli sebelumnya.

"Hal tersebut merupakan hadiah atau kado yang KCIC berikan kepada penumpang yang telah antusias membeli tiket Kereta Cepat Whoosh sejak awal dibukanya penjualan. Untuk mendapatkan award ticket tersebut, masyarakat dapat mengunjungi loket atau customer service di stasiun dan menunjukkan bukti transaksi yang telah didapatkan sebelumnya," tuturnya.

Baca juga: KCIC kembali buka pemesanan perjalanan gratis KCJB untuk 11-16 Oktober

KCIC mencatat sejak dibuka penjualan pada 14-17 Oktober 2023, secara total terdapat sekitar 10.200 tiket yang sudah dipesan masyarakat, di mana 3.050 pemesanan tiket perorangan dan sekitar 7.150 lainnya merupakan pemesanan tiket rombongan.

"Berbagai promo menarik dan aplikasi KCIC luncurkan dalam rangka menyemarakkan pengoperasian perdana Kereta Cepat Whoosh berbayar," ucap Eva.

KCIC pun mengimbau masyarakat segera mengunduh aplikasi Whoosh Kereta Cepat atau aplikasi yang telah bekerja sama lainnya untuk mendapatkan tiket Kereta Cepat Whoosh seharga Rp150.000.

"Aplikasi Whoosh Kereta Cepat sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi Whoosh, penumpang akan lebih mudah untuk melihat jadwal, melakukan pemesanan hingga melakukan boarding melalui QR Code tiket yang akan muncul di aplikasi setelah melakukan pemesanan," kata Eva.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023