Implementasi teknologi adalah suatu keniscayaan yang harus kita wujudkan menuju Indonesia Emas 2045
Padang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menerima dua penghargaan dari Kementerian Kominfo RI kategori pemanfaatan layanan jaringan intra pemerintah dan pemanfaatan layanan mail multidomain.
 
Dua penghargaan tersebut diserahkan Wakil Menteri Kominfo RI Nezar Patria dan Dirjen Aplikasi Informatika Samuel Abrijani dan diterima langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi di Jakarta, Selasa.
 
Gubernur Sumbar Mahyeldi saat dihubungi dari Padang mengatakan komitmen daerahnya untuk mewujudkan pemerintah digital tidak hanya di tingkat provinsi tetapi juga terus hingga ke tingkat nagari (pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di Sumatera Barat).
 
"Implementasi teknologi adalah suatu keniscayaan yang harus kita wujudkan menuju Indonesia Emas 2045. Untuk mewujudkan hal itu komitmen pemerintah daerah, ketersediaan jaringan dan SDM perlu menjadi perhatian," katanya.
 
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), menurutnya, bertujuan untuk mewujudkan smart government (tata kelola kota yang pintar) dengan membangun layanan publik yang kompleks secara baik, efektif, dan efisien.
 
"Kita akan terus memaksimalkan SPBE ini agar pelayanan kepada masyarakat juga menjadi lebih baik," katanya.
 
Sementara itu Wakil Menteri Kominfo RI Nezar Patria mengatakan, dengan adanya penguatan integrasi dan interoperabilitas arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) nasional, akan menambah kekuatan dalam percepatan mewujudkan SPBE di Indonesia.
 
"Dalam pelaksanaannya SPBE harus mengacu pada keterpaduan, kesinambungan, efektivitas, dan interoperabilitas," katanya.
 
Nezar Patria menjelaskan akselerasi implementasi SPBE dilakukan melalui kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah, meniadakan kepentingan sektoral dan memastikan kapasitas SDM.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023