Jakarta (ANTARA) -
Sebanyak 265 wartawan sudah mendaftar untuk meliput F1 Powerboat Danau Toba di Sumatera Utara pada 2-3 Maret 2024, kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik pada  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong.
 
"Yang mendaftar sebanyak 265 wartawan, tapi yang sudah terverifikasi ada 54 media nasional, 29 lokal, dan satu internasional," kata Usman dalam konferensi pers daring yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa.
 
Usman menjelaskan jumlah yang sudah terverifikasi dan mendaftar bisa terus bertambah sampai sebelum lomba mulai.
 
Menurut dia, Kemkominfo menyediakan sebuah media center atau pusat media di situs acara di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, yang akan dibuka pada 1-3 Maret. 

Baca juga: Lomba Solu Bolon jadi salah satu "side event" F1 Powerboat Danau Toba

"Di sana (media center) akan ada satu unit monitor untuk memantau perlombaan dan fasilitas internet untuk wartawan," ujar dia.

Pusat media itu juga akan diisi  16 staf humas kementerian dan lembaga untuk mempromosikan lomba level internasional itu.
 
Usman menambahkan, event tersebut sangat diminati masyarakat dan wisatawan penyuka olahraga air  dan world racing, sehingga konsep wisata olahraga itu sangat cocok diselenggarakan di kawasan Danau Toba.
 
Ditambah lagi, danau vulkanik terbesar di dunia tersebut menjadi salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), selain Candi Borobudur di Jawa Tengah, Likupang di Sulawesi Utara,  Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Dia optimistis, perhatian besar media akan membawa citra positif Danau Toba di mata dunia.

Baca juga: Menpora: 26 pembalap untuk Kejurnas Aquabike Danau Toba siap tanding
 
Pada 2-3 Maret, Indonesia untuk kedua kali menjadi tuan rumah balap perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.
 
Ini merupakan ke-300 sejak pertama digelar pada 1984 di 39 negara.
 
Sebanyak 18 pembalap internasional dari lebih 10 negara dan lebih dari 200 awak akan berlaga di danau tersebut.
 
Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penyelenggara utama kegiatan setara Formula 1 itu.

Baca juga: Angela proyeksikan kunjungan wisnus tembus 1 juta pada F1 Powerboat

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024