Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Aceh, Meurah Budiman, mengingatkan jajaran lembaga yang dipimpin untuk netral pada Pemilu 2024.

"Sebagai aparatur sipil negara, tetap menjaga netralitas. Jangan berpihak kepada siapapun apalagi mengajak dan mengintimidasi orang lain pada pemilu nanti," kata Meurah Budiman di Banda Aceh, Aceh, Selasa.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten/kota.

Baca juga: Penjabat Gubernur Gorontalo ingatkan ASN jaga netralitas

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Menurut dia, menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut merupakan hal yang wajib. Namun demikian, sebagai seorang aparatur sipil negara juga harus bertindak sesuai aturan dalam menghadapi pemilu tersebut.

"Saya mengajak jajaran kemenkumham di Provinsi Aceh menyukseskan Pemilu 2024 dengan bijak dan netral. Gunakan hak pilih sesuai pilihan dan jangan menjadi pendukung peserta pemilu apapun. Aparatur sipil negara harus tetap netral," katanya.

Baca juga: Budi Arie pimpin ikrar netralitas ASN Kemenkominfo dukung Pemilu damai

Selain pemilu, Budiman yang juga menjabat penjabat bupati Aceh Tamiang mengingatkan jajaran kemenkumham di Provinsi Aceh beserta keluarga untuk bijaksana dalam menggunakan media sosial.

"Gunakan media sosial dengan bijaksana, tidak menyebarkan informasi yang tidak benar. Kepada istri pejabat jangan memamerkan kemewahan, yang nantinya dapat menjadi sorotan masyarakat," katanya.

Baca juga: Bamsoet minta pemda beri perhatian netralitas ASN jelang Pemilu 2024

Ia juga mengajak jajaran Kemenkumham Provinsi Aceh untuk terus meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. Serta tidak diskriminasi dalam melayani masyarakat.

"Pastikan layanan tanpa diskriminatif, bagi di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan, keimigrasian, maupun pelayanan kemenkumham lainnya. Berikan layanan yang mudah dan pasti," kata Meurah Budiman.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023