Harus ada jalur yang menghubungkan langsung dengan daerah pemasok komoditas bahan pokok
Penajam (ANTARA) -
Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, membutuhkan akses jalur distribusi atau pengiriman komoditas pangan yang langsung menghubungkan dengan daerah pemasok untuk memangkas harga barang di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
"Harus ada jalur yang menghubungkan langsung dengan daerah pemasok komoditas bahan pokok," kata Asisten II Bagian Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Nicko Herlambang di Penajam, Selasa.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berencana membuka akses tol laut untuk mengubah jalur logistik dari pemasok komoditas pangan langsung masuk ke pelabuhan yang ada di daerah berjuluk Benuo Taka itu.
 
 
Jalur tol laut itu dianggap penting karena dapat berdampak pada harga barang, jelas dia, kelancaran distribusi menjadi salah satu faktor yang bisa mengurangi harga barang di pasaran Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Rencana pemerintah kabupaten membuka akses tol laut telah disampaikan kepada pemerintah pusat, lanjut dia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.
 
 
Sebagian besar barang, logistik atau pangan kebutuhan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara didatangkan dari Surabaya dan Sulawesi, kiriman pasokan itu diturunkan terlebih dahulu di Kota Balikpapan.

 
Kemudian pasokan barang, logistik atau pangan dari Kota Balikpapan disebar di sejumlah pelabuhan untuk selanjutnya diangkut masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Kondisi jalur distribusi itu membuat harga barang yang masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi lebih mahal karena biaya pengiriman," ujarnya.

"Jadi dengan adanya jalur tol laut pasokan kebutuhan masyarakat langsung masuk ke pelabuhan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, tidak diturunkan di Kota Balikpapan," tambahnya.
 
 
Pelabuhan Benuo Taka milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara yang berlokasi di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam, mumpuni untuk dijadikan pelabuhan tempat bersandar kapal barang.
 
 
Pengiriman barang melalui akses tol laut itu akan masuk langsung ke Pelabuhan Benuo Taka kemudian dikirim ke pasar induk, sehingga biaya pengiriman dapat ditekan dan harga jual dapat lebih murah, kata Nicko Herlambang.

Baca juga: Penajam siapkan cadangan pangan antisipasi kekeringan berkelanjutan

Baca juga: Membangun identitas Penajam Paser Utara sebagai serambi IKN

Baca juga: BPBD: "Benuo Taka" Penajam Paser Utara-Kaltim masuk darurat El Nino

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023