Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menerima jajaran pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) di Jakarta, Selasa.

Dalam pertemuan itu, Wapres menerima undangan untuk menghadiri acara Indonesia Outlook Ekonomi Syariah yang akan diselenggarakan pada tanggal 5 Desember 2023.

“Kalau tidak ada aral Wapres akan menghadiri acara itu,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya secara daring usai mendampingi Wapres di Jakarta Selasa.

Masduki menyampaikan bahwa Wapres memang sering menerima tamu tokoh-tokoh ekonomi, terutama ekonomi syariah dalam rangka memperluas jejaring ekonomi syariah.

Baca juga: Wapres terima laporan kinerja Satgas Anti-Mafia Bola
Baca juga: Wapres arahkan penyediaan produk keuangan syariah dalam bentuk digital


Dia menyampaikan bahwa bagi Wapres Ma’ruf Amin ada empat fokus yang ingin dikembangkan dalam konteks ekonomi syariah, yakni bagaimana industri halal, industri keuangan syariah, dana sosial syariah, dan pengusaha syariah bisa berkembang dengan baik.

“Empat pilar ini yang selalu Wapres sibuk untuk menciptakan semacam komunitas-komunitas. Bahkan sudah ada KNEKS dan seterusnya. Dan Wapres selalu meluangkan waktu untuk hadir (di acara ekonomi syariah),” kata Masduki.

Menurut Masduki, Wapres ingin melakukan syiar agar ekonomi syariah di Indonesia bisa terus berkembang dengan baik. Selain itu, Wapres ingin mendorong agar literasi keuangan syariah bisa terus dilakukan di kampus, pemerintahan hingga masyarakat.

"Untuk menciptakan agar banyak orang berhijrah dari ekonomi konvensional, bisa menjadi beraktivitas di ekonomi syariah, dan juga diharapkan banyak pengusaha baru yang nantinya bisa beraktivitas di ekonomi syariah karena keduanya saling melengkapi sebagai 'dual' sistem dari ekonomi nasional,” jelasnya.

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023