Surabaya (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani) menggelar kejuaraan nasional sekaligus ajang Prakualifikasi PON 2024 bertajuk National Gymnastics Championship di Kota Surabaya, Jawa Timur, pada 18-19 Oktober 2023, yang diikuti sekitar 200 orang atlet dari 18 provinsi.

Ketua Panitia Kejurnas Sary Ahya Sri Sundari dalam keterangannya di Surabaya, Selasa, mengatakan ada tiga disiplin (nomor) senam yang dilombakan pada kejuaraan ini, meliputi artistik, ritmik, dan aerobik.

Disiplin artistik terbagi menjadi kategori putra dan putri, sementara ritmik hanya untuk kategori putri dan aerobik untuk perseorangan, dobel, trio, dan pasangan campuran.

"Sekitar 200 atlet dari 18 provinsi telah terverifikasi untuk tampil di kejurnas. Ini akan menjadi ajang kualifikasi PON XXI Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara," kata Sary Ahya yang juga Sekretaris Jenderal PB Persani.

Sary menambahkan kejurnas ini sekaligus menjadi ajang seleksi nasional bagi PB Persani untuk mencari bibit-bibit pesenam baru yang akan diproyeksikan mewakili Indonesia pada berbagai kejuaraan internasional, seperti SEA Games 2025 Thailand dan Asian Games 2026 Jepang.

Baca juga: KONI berharap PB Persani siapkan atlet tembus Olimpiade

Dia menjelaskan ada tiga lokasi yang digunakan untuk kejurnas senam ini, masing-masing GOR Senam Nusantara, Gedung Futsal UNESA dan Gedung Basket UNESA, Surabaya. Khusus untuk acara pembukaan dan penutupan sekaligus penyerahan medali dilaksanakan di GOR Senam Nusantara.

Kejurnas Senam 2023 yang disponsori PT Pegadaian dan PT Taspen ini akan memperebutkan 110 kuota atlet berlaga pada PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara, dengan rincian 56 kuota untuk artistik putra dan putri, 26 kuota ritmik putri, dan 28 kuota aerobik.

"Secara teknis panitia lokal dalam hal ini Pengprov Persani Jawa Timur telah menjalankan persiapan sesuai arahan dari PB Persani. Para atlet hari ini juga sudah melakukan latihan dan mencoba arena perlombaan," tambahnya.

Berikut 18 provinsi yang memastikan ambil bagian pada kejurnas senam:
1. Sumatera Utara
2. Sumatera Selatan
3. Jambi
4. Sumatera Barat
5. Bangka Belitung
6. DKI Jakarta
7. Jawa Barat
8. Jawa Tengah
9. Jawa Timur
10. Bali
11. Bengkulu
12. Riau
13. Banten
14. Kalimantan Barat
15. Kalimantan Selatan
16. Kalimantan Timur
17. Sulawesi Selatan
18. Papua Barat

Baca juga: Ketum PB Persani bersyukur Rifda lolos kualifikasi Olimpiade Paris
 

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023