Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping pada Selasa (17/10) menggelar pembicaraan dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, atau yang akrab dipanggil Jokowi, yang berada di Beijing untuk menghadiri Forum Sabuk dan Jalur Sutra untuk Kerja Sama Internasional (Belt and Road Forum for International Cooperation/BRF) ketiga sekaligus melakukan kunjungan kenegaraan ke China.

Xi menyampaikan bahwa dalam 10 tahun terakhir, China dan Indonesia telah menganut prinsip untuk mencapai pertumbuhan bersama melalui diskusi dan kolaborasi, melakukan berbagai upaya bersama dalam mendorong pembangunan, serta memberikan manfaat yang sangat besar bagi masyarakat kedua negara. Dia juga memuji kerja sama antara kedua negara sebagai contoh yang penting bagi kerja sama internasional dalam membangun Sabuk dan Jalur Sutra.

China siap untuk terus meningkatkan dukungan timbal balik dalam mewujudkan modernisasi dan peremajaan nasional dengan Indonesia dan mendorong pertumbuhan hubungan bilateral jangka panjang dan stabil, tutur Xi. 
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama-sama meluncurkan pengoperasian resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung usai pembicaraan mereka di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 17 Oktober 2023. (Xinhua/Xie Huanchi)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023