akan ada potensi ekspor yang besar sehingga mampu menyejahterakan seluruh sumber daya yang terlibat di dalamnya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperkenalkan produk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada ajang pameran di Jerman hingga Tokyo, Jepang sebagai upaya pengembangan produk tersebut ke kancah internasional.
 
"Ini merupakan upaya kami dalam mengembangkan UMKM lokal agar mampu meningkatkan daya saingnya di kancah global," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
UMKM DKI Jakarta hadir dalam pameran ANUGA yang diselenggarakan di Cologne, Jerman pada 7 hingga 11 Oktober 2023. Pemprov DKI memberangkatkan tiga UMKM kuliner asal DKI Jakarta yaitu Muskatrees Indonesia, Rasaka Food, dan Bambu Alam.
 
Ketiga UMKM lokal tersebut sebelumnya mengikuti proses kurasi yang dilakukan oleh Dinas PPKUKM DKI Jakarta untuk dapat menentukan kualitas produk yang mampu bersaing dengan kompetitor dari negara lainnya.
 
Sejumlah UMKM dalam negeri yaitu Sweet Shabrina, Tenun Gaya, dan Adia Lavani juga hadir dalam kegiatan Fashion World Tokyo 2023 di Tokyo, Jepang yang diselenggarakan mulai 10 hingga 12 Oktober 2023.
 
Keikutsertaan UMKM DKI Jakarta ini, kata Ratu terus dilakukan untuk mengembangkan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian negeri agar mampu bersaing di kancah internasional, memiliki daya saing tinggi, dan memperluas pemasaran produk.
 
"Dengan begitu akan ada potensi ekspor yang besar sehingga mampu menyejahterakan seluruh sumber daya yang terlibat di dalamnya,” ujar Ratu.

Selain itu, UMKM Jakarta yang ikut serta dalam binaan Pemprov DKI Jakarta melalui program kewirausahaan terpadu JakPreneur  dengan memeriksa berbagai fasilitas mulai dari pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, hingga permodalan.
 
Sebelumnya, UMKM binaan JakPreneur hadir sebagai ekshibitor di ajang Paris Fashion Week lewat L’adresse Trade Showroom di Paris, Perancis pada 25 September hingga 3 Oktober 2023.
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, terkait pemberdayaan UMKM Pemprov DKI Jakarta memberikan perhatian khusus dan komprehensif melalui fasilitasi 7P kewirausahaan yang dibiayai APBD serta sinergi dengan berbagai pihak/stakeholder terkait.
 
"Bantuan pendampingan finansial dan pemasaran kepada UMKM juga telah diberikan di setiap Kecamatan," kata Heru di Jakarta, Kamis (12/10).
 
Adapun Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sudah terealisasi 91,82 persen. Realisasi belanja produk dalam negeri Provinsi DKI Jakarta per Oktober 2023 juga telah mencapai Rp11,35 triliun dari target sebesar Rp15,8 triliun.
 
Peningkatan kinerja realisasi tersebut dapat dilakukan dengan terus menggunakan produk dalam negeri bersertifikat tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam pengadaan barang dan jasa yang akan direalisasikan.
 
Cara lain dalam meningkatkan realisasi komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan UMKM Jakarta juga dengan mengoptimalkan pencatatan pengadaan barang dan jasa yang telah dilaksanakan pada sistem Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Kementerian Dalam Negeri.
Baca juga: Pemkot Jakbar gelar bazar libatkan UMKM untuk dorong ekonomi warga
Baca juga: Tingkatkan UMKM, Pemkot Jaktim selenggarakan "Jumat Beli Lokal"
Baca juga: 367.769 UMKM telah terdaftar sebagai binaan Jakpreneur

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023