Jakarta (ANTARA) -
Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkung Seni Sunda (Lises) Universitas Padjadjaran tampil memukau dan mendapat apresiasi pada ajang festival budaya internasional di dua negara, yaitu Malaysia dan Korea Selatan.

"Penampilan Lises baik pada panggung utama ataupun pada street performance mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat setempat dan panitia," kata Dosen Pendamping Lises Unpad Taufik Ampera saat dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Lises Unpad menjadi salah satu penampil bersama 12 negara lainnya yang ikut dalam dua festival sekaligus, yaitu "1st Asia Pasific Youth Folklore Festival" di Petaling Jaya, Malaysia, dan "The 60th Suwon Hwanseong Cultural Festival" di Korea Selatan.

Dalam festival itu, Lises menampilkan sejumlah tarian khas tatar pasundan, seperti Tari Kalang Sunda, Tari Merak, dan Tari Jaipongan Bajidor Kahot yang dibawakan secara estafet.

"Tari Merak sebagai tarian tradisional Jawa Barat yang menggambarkan keindahan dan keanggunan burung Merak menimbulkan decak kagum para penonton yang mayoritas siswa sekolah menengah atas,” ujar dia.


Baca juga: Kota Kediri jadi tuan rumah Festival Panji Internasional

Para seniman muda yang ikut serta menjadi delegasi, yakni Tsanaara Qinthara Rifayani, Sharfina Annisa Salsabila, Gabrella Kenzia Efriana Putri, Ghina Alauddin Iskandar, Mita Aulia Hakim, Wilqi Nurjamal, dan Kezia Paskalia.

Selain menampilkan materi tari, mereka mengisi stan pameran budaya dengan menampilkan berbagai produk budaya Jawa Barat, seperti Wayang Golek, Kain Batik, Angklung, dan aksesoris lainnya.

Keikutsertaan Lises Unpad pada festival budaya internasional itu, diharapkan dapat mengembangkan minat dan bakat anggota dalam meraih prestasi serta memperluas pengalaman pada kegiatan internasional.

Selain itu, menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Sunda kepada masyarakat internasional.

“Kegiatan ini diharapkan menjadikan Lises lebih semangat, kreatif, dan inovatif untuk berproses dalam mengembangkan budaya Sunda,” ujar Taufik Ampera.


Baca juga: Festival Layangan Internasional angkat wisata pesisir Cirebon
Baca juga: Tambrauw gelar festival budaya dan konservasi internasional
Baca juga: Pelajar Indonesia meriahkan Festival Kebudayaan Internasional di Wuhan

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023