Mumbai (ANTARA) - Aktris peraih piala Oscar Michelle Yeoh menjadi anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) setelah terpilih pada hari terakhir Sidang IOC ke-141 di Mumbai pada Selasa (17/10).

Aktris Malaysia berusia 61 tahun itu, yang sebelumnya merupakan pemenang squash junior, merupakan salah satu dari delapan anggota yang baru terpilih.

Anggota lain yang bergabung di badan pengelola Olimpiade itu adalah atlet judo pemenang medali Olimpiade pertama Israel Yael Arad, kemudian pengusaha Hongaria Balasz Furjes, mantan peraih medali voli Olimpiade asal Peru Cecilia Roxana Tait Villacorta, dan pengusaha Jerman Michael Mronz.

Kelima orang itu telah diusulkan sebagai anggota individu oleh Dewan Eksekutif IOC pada September lalu.

Selain itu, Presiden Federasi Tenis Meja Internasional Petra Sorling dari Swedia dan Presiden Persatuan Skating Internasional Kim Jae-youl dari Korea Selatan juga terpilih berkat peran mereka sebagai ketua federasi internasional.

Presiden Komite Olimpiade Tunisia Mehrez Boussayene terpilih untuk menduduki jabatan di Komite Olimpiade Nasional (NOC).

Pemilihan ini menjadikan jumlah total anggota IOC menjadi 107 dan proporsi perempuan dalam keanggotaan IOC menjadi 41,1 persen.

"Hal ini sesuai dengan ambisi IOC untuk menjadi teladan dan meningkatkan representasi perempuan dalam struktur tata kelolanya," ujar IOC.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023