Penghargaan ini adalah wujud apresiasi eksternal terhadap kinerja PHE dalam meningkatkan produksi serta terus berinovasi
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), selaku Subholding Upstream Pertamina, meraih empat penghargaan pada ajang Taiwan Innotech Expo (TIE) 2023 terkait inovasi untuk industri energi.

Ajang TIE 2023 diselenggarakan pada 12-14 Oktober 2023 di Taiwan World Trade Center, Taipei.

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PHE Oto Gurnita mengungkapkan keberhasilan PHE pada ajang TIE 2023 merupakan pengakuan eksistensi berskala internasional dan juga merupakan bukti kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri energi.

"Penghargaan ini adalah wujud apresiasi eksternal terhadap kinerja PHE dalam meningkatkan produksi serta terus berinovasi. PHE sangat menjunjung tinggi komitmen terhadap inovasi dan keunggulan serta menjadi kekuatan pendorong dalam membentuk masa depan industri energi," ucap Oto melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Penghargaan itu, kata dia, merupakan bukti dari upaya tanpa henti PHE dalam mencapai kemajuan teknologi dan dedikasi untuk mendukung ketahanan energi nasional.

PHE mengungkapkan komitmen terhadap pemenuhan kebutuhan energi dilakukan salah satunya melalui pengelolaan mature field dan aset.

Menjawab tantangan itu, PHE terus melakukan inovasi pengelolaan mature asset. Inovasi tersebut selanjutnya menjadi unggulan di panggung internasional melalui penghargaan TIE 2023.

Adapun empat penghargaan yang diraih PHE itu, yakni Project Collaboration Improvement (PC Prove) Suparman Regional 2 PT Pertamina EP memperoleh gold medal dengan judul SUPARMAN (Seeking Undrained Potential in Mature Asset Production) Method to Increase 3.000 Barrel Oil Per Day Production and 2,3 Million Barrel Oil Proven Reserves in Krisna Field, Indonesia.

Selanjutnya, PC Prove Machinist Regional 3 PT Pertamina Hulu Indonesia memperoleh silver medal dan Korea Invention Promotion Association (KIPA) special award dengan judul LOCOMOTIVE Methods-A Method of Determining Reactivation Candidate of Inactive Oil Wells.

Kemudian, Replication Team Improvement (RT Prove) Jambi Marebu Regional 1 PT Pertamina Hulu Rokan memperoleh silver medal dan National Research Council of Thailand (NRCT) special award dengan judul Invention of Ultra Cyclone to Solve Pump Stuck Problem Due to Sand Ingression.

Terakhir, PC Prove EFA Regional 4 PT Pertamina EP Cepu memperoleh bronze medal dan NRCT special award dengan judul Increasing Oil & Gas Prospective Resources using EFA Software.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Director General Taiwan Intellectual Property Office Cheng-Wei Liao dalam rangkaian acara awarding ceremony yang dilaksanakan pada Sabtu (14/10).

TIE 2023 merupakan salah satu pameran inovasi terkemuka di Taiwan dan Asia. Dalam rangkaian kegiatan TIE, diikuti oleh lebih dari 600 peserta yang berasal dari 23 negara.

TIE diselenggarakan oleh Dewan Pengembangan Perdagangan Eksternal Taiwan (TAITRA) dan Institut Penelitian Teknologi Industri (ITRI) dengan tujuan untuk memamerkan kemampuan teknologi inovatif, menciptakan peluang bisnis internasional, dan mendorong transformasi industri.

Baca juga: PHE pertajam strategi eksplorasi dukung ketahanan energi nasional
Baca juga: Pengamat ITB: PHE tidak akan telantarkan sumur migas idle
Baca juga: PHE: Ajang CID Upstream Award tingkatkan aspek keberlanjutan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023