Untuk memanfaatkan aset saya kira idenya tidak terbatas. Tetapi ini Barang Milik Negara, jadi tolong dipelajari regulasinya....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan kepada pegawai pemerintah dan BUMN untuk meningkatkan pemahaman mengenai aturan pengelolaan aset negara agar bisa mengoptimalkan kekayaan negara tanpa hambatan berarti.

“Untuk memanfaatkan aset saya kira idenya tidak terbatas. Tetapi ini Barang Milik Negara, jadi tolong dipelajari regulasinya dulu karena pernak-perniknya berbeda-beda antaraset, misalnya bendungan yang bisa dimanfaatkan untuk PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro) pernak-perniknya juga enggak gampang," kata Menteri Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Pernyataan Basuki tersebut disampaikan terkait Penganugerahan "The Asset Manager" Tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). "The Asset Manager" merupakan kompetisi para talenta pengelola aset negara di lingkungan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, badan layanan umum serta BUMN. Kementerian PUPR merupakan Juara Ke-1 Kategori Maestro untuk penghargaan The Asset Manager Tahun 2022.

Baca juga: LMAN gelar The Asset Manager 2023 guna optimalisasi aset negara

Basuki menyampaikan bahwa “The Asset Manager” menjadi upaya untuk menggerakkan kesadaran, membangun jalan berpikir, sekaligus menjadi wadah sinergi para pengelola aset negara mengenai pentingnya menjaga, mengelola, serta mengoptimalisasi aset negara dengan cara-cara yang produktif, inovatif, dan kreatif untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya kira komunitas ini sangat-sangat bermanfaat dan membantu kita semua. Kalau kita benar-benar bisa mengoptimalkan aset-aset, negara ini kaya raya," kata dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan melalui kompetisi ini para manajer aset secara profesional dapat beradu gagasan, inovasi, dan kemampuan analisa untuk mengoptimalkan aset negara.

"Agar dapat membangun sebuah komunitas asset manager dan saya rasa ini akan menjadi komunitas yang sangat penting sehingga awareness terhadap penggunaan atau the highest and best use of the asset akan menjadi kultur baru di dalam masyarakat Indonesia, para pengelola aset yang menurut saya tonggak peradaban sebuah negara yang mampu meningkatkan dan memanfaatkan dari pada aset," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Menkeu: Aset negara perlu dioptimalkan untuk beri nilai tambah

Ajang The Asset Manager 2023 dilakukan dalam beberapa tahapan eliminasi dengan menguji berbagai studi kasus terkait pengelolaan aset negara. Pada babak final, para peserta ditantang untuk memberi masukan terkait skema pengembangan aset yang optimal khususnya di Gedung AA Maramis Lapangan Banteng, Jakarta.

Juara 1 Kategori Maestro ajang The Asset Manager Tahun 2023 diraih Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Barat, Juara II Universitas Jember, dan Juara III RSUP Prof.Dr.I.G.N.G Ngoerah. Sedangkan untuk Kategori Master Juara I PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Juara II PT Hutama Karya (Persero) Tbk, dan Juara III Graha Sarana Duta Telkom Property.

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023