Untuk etape dua jelas kami sudah siap. Tim kami memiliki pebalap yang komplet baik spesialisasi sprint maupun tanjakan,"
Pasaman (ANTARA News) - Pebalap dari dua tim yaitu Tabriz Petrochemical Cycling Team (TPT) dan Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya berpeluang mendominasi Tour de Singkarak (TdS) 2013 etape dua dari Payakumbuh menuju Singkarak, Senin (3/6).

Dominasi pebalap dari kedua tim ini telah dibuktikan pada etape pertama TdS dari Bukittinggi menuju Tugu Equator Bonjol, Pasaman, Minggu. Pebalap yang dimiliki finis diurutan pertama dan kedua.

"Untuk etape dua jelas kami sudah siap. Tim kami memiliki pebalap yang komplet baik spesialisasi sprint maupun tanjakan," kata pemenang etape pertama TdS dari tim TPT Iran, Hossein Askari.

Menurut dia, setiap etape jelas memiliki tantangan yang berbeda-beda baik dari kondisi lintasan maupun tekanan dari lawan. Untuk itu dibutuhkan keahlian khusus agar mampu mendominasi jalannya perlombaan etape kedua.

Kewaspadaan tim asal Iran ini bukan tanpa alasan. Meski sudah kenyang dengan balapan di Indonesia, tim ini juga memantau pergerakan lawan diantaranya sang juara bertahan TdS, Oscar Pujol Munoz yang saat ini memperkuat PSN Surabaya.

Kemampuan pebalap asal Spanyol itu sudah terlihat saat menempel ketat Hossein Askari saat akan memasuki finis etape pertama TdS. Oscar Pujol Munoz bahkan mampu finis diurutan kedua dengan catatan waktu yang sama dengan Hossein Askari yaitu 02.27.15.

Peluang untuk saling menekan bagi kedua tim jelas akan terlihat dietape kedua nanti. Apalagi lintasan sejauh 124,5 kmi akan dilintasi terdapat dua titik KOM yaitu di km 15,5 serta km 65,5 serta dua titik sprint yaitu di km 39 dan km 91.

Untuk TPT selain Hossein Askari juga akan mengandalkan dua pebalap yang kenyang pengalaman yaitu Mehdi Sohrabi dan Ghader Mizabi. Selain itu juga akan mengandalkan Alireza Asgharzadeh.

Sementara PSN selain mengandalkan Oscar Pujol Munoz juga mengandalkan tiga pebalap asingnya yaitu Sergey Kuzmin, Ryan Sherlock serta Edgar Nohales Nieto. Pebalap ini juga kuat untuk sprint maupun tajakan.

Selain TPT dan PSN, tim yang berpeluang menerobos dominasi adalah Timnas Indonesia dan Putra Perjuangan. Kedua tim ini telah membuktikan jika mampu memberikan perlawanan kepada pebalap dua tim tersebut.

"Semoga besok lebih baik lagi. Yang jelas kerjasama tim sangat diperlukan," kata salah satu pebalap Timnas Indonesia, Bambang Suryadi usai menyelesaikan etape pertama.

Pebalap Indonesia tercepat pada etape perdana TdS ini mengaku melihat lintasan etape kedua yang ada pihaknya bersama dengan anggota tim yang lain merasa optimistis mampu memberikan yang terbaik meski lawan juga tidak tinggal diam.

Tour de Singkarak 2013, 2-9 Juni akan menempuh jarak 158,5 km yang terbagi atas tujuh etape. Kejuaraan dengan hadiah Rp1,2 miliar ini akan melewati 17 kabupetan/kota yang ada di Sumatra Barat.

(B016/M009)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013