Jakarta (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa kelompok militan Palestina Hamas telah melakukan kekejaman yang membuat ISIS terlihat lebih rasional.

Pernyataan itu disampaikan Biden kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menjelang pertemuan bilateral mereka di Tel Aviv, Rabu. Biden sedang berada di Israel untuk menunjukkan solidaritas Washington dalam perang melawan Hamas.

"Mereka telah menyandera banyak orang, termasuk anak-anak. Anda berkata: Bayangkan apa yang dipikirkan anak-anak yang bersembunyi dari Hamas. Di luar pemahaman saya untuk bisa membayangkan apa yang mereka pikirkan," kata Biden. 

Ia mengeluarkan komentar itu saat menyampaikan pernyataannya bersama Netanyahu, seperti dikutip dari transkrip resmi Gedung Putih.

"Mereka (Hamas) --melakukan kejahatan-– dan kekejaman yang membuat ISIS terlihat lebih rasional," kata Biden.

Biden juga meyakini bahwa ledakan yang menewaskan ratusan warga Palestina di sebuah rumah sakit di Gaza tampaknya bukan disebabkan oleh Israel, melainkan oleh musuh-musuhnya.

"Itinya, saya sangat sedih dan marah atas ledakan di rumah sakit di Gaza kemarin. Dan berdasarkan apa yang saya lihat, sepertinya (serangan) itu dilakukan oleh tim lain, bukan — bukan Anda (Israel)," ujar presiden AS itu. 

"Tapi, ada banyak orang di luar sana yang tidak yakin," ujar dia, menambahkan. 

Israel melakukan pengeboman terhadap sebuah Rumah Sakit Al-Ahli Arabi Baptist di Gaza pada Selasa (17/10) malam waktu setempat.

Para pejabat Palestina menyalahkan serangan udara Israel atas ledakan itu, yang dikatakan telah menewaskan sebanyak 500 orang.

Negara-negara Arab, seperti Arab Saudi, Qatar, Oman, Mesir, Aljazair, Lebanon, dan Libya mengutuk serangan Israel terhadap rumah sakit tersebut.

Sementara itu, Israel mengatakan ledakan itu disebabkan oleh kegagalan peluncuran roket yang dilakukan militan Jihad Islam Palestina, tetapi kelompok itu membantah.

Biden menyatakan bahwa Amerika Serikat akan selalu berdiri bersama Israel dan memastikan sekutunya itu memiliki apa yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri.

"Dan saya ingin mengatakan kepada rakyat Israel: Keberanian mereka, komitmen mereka, keberanian mereka – sungguh menakjubkan. Sungguh menakjubkan. Saya bangga berada di sini," ucap Biden.

Baca juga: Biden sebut tampaknya serangan ke RS Gaza bukan dilakukan Israel

Baca juga: Biden mengaku sangat sedih atas ledakan di RS Al-Ahli Baptist Gaza


 

Biden peringatkan Iran untuk tak terlibat di konflik Israel-Palestina



 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023