Jakarta (ANTARA) - Mantan pembalap MotoGP Andrea Iannone resmi bergabung dengan Team GoEleven untuk berkompetisi pada World Superbike (WSBK) 2024 dengan menunggangi Ducati Panigale V4 R.

Pembalap Italia yang terkenal dengan julukan "The Maniac" itu akan kembali beraksi setelah absen selama empat tahun, menyusul penalti larangan membalap yang dikeluarkan pada 2020, setelah kedapatan positif menggunakan doping

Sebelum bandingnya ditolak oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan Badan Anti Doping Dunia (WADA), Federasi Balap Motor Internasional (FIM) juga telah menjatuhkan suspensi 18 bulan kepada sang pebalap Italia karena positif menggunakan steroid Drostanolone di Grand Prix Malaysia pada 2019.

Setelah empat tahun berlalu, pembalap berusia 34 tahun itu mengatakan ingin memupuk kepercayaan dirinya lagi dan membuktikan bahwa ia masih bisa bersaing dan mencatatkan kesuksesan di kelas balap yang baru.

"Saya sudah lama menunggu momen ini, akhirnya saya kembali ke jalur yang benar, tempat saya menghabiskan hidup saya," kata Iannone, dikutip dari keterangan resmi WSBK, Kamis.

Manajer Team GoEleven Denis Sacchetti mengatakan dirinya juga bersemangat menyambut Iannone ke tim.

"'The Maniac' telah memutuskan untuk kembali ke permainan, ini bukan untuk semua orang, dibutuhkan keberanian setelah semua yang telah terjadi dan banyak waktu untuk tidak balapan," kata Sacchetti.

"Ini adalah pilihan yang berani, bagi sebagian orang mungkin tampak gila, tetapi kegilaan dan keberanian yang tepat dapat menghasilkan prestasi yang luar biasa," ujarnya menambahkan.

Sacchetti mengaku masih bisa melihat antusiasme Iannone untuk kembali balapan di kejuaraan dunia balap motor. Ia mengatakan, keputusan Iannone mungkin tidak akan mudah dan berjalan mulus, namun, ia yakin kerja keras yang mengiringi untuk menghadapi WSBK musim mendatang akan membuahkan hasil yang baik.

"Kami tahu bahwa ini tidak akan mudah, bahwa pada awalnya kami harus menderita dan bekerja keras dan bekerja keras, namun kesadaran ini semakin mempersatukan kami dan mendorong kami lebih jauh lagi," ujar Sacchetti.

"Saya hanya bisa berterima kasih kepada Andrea karena telah memilih tim kami, menganggap kami sangat penting dan menunjukkan bahwa kerja luar biasa sangat diapresiasi, dan juga karena dia telah menunjukkan keberanian untuk menghadapi tantangan baru yang sama sekali tidak sederhana ini," imbuh Pemilik Team GoEleven Gianni Ramello.


Baca juga: Rea tinggalkan Kawasaki dan isi kursi Toprak di Pata Yamaha
Baca juga: Motocorsa Racing sebut kemungkinan Iannone bergabung ke WSBK
Baca juga: Iannone dikabarkan kembali balapan di WSBK usai lepas dari sanksi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023