Alor Setar, Kedah, (ANTARA) - Penerbit buku, hingga Dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia menyatakan mundur dari Pameran Buku Frankfurt yang berlangsung di Frankfurt, Jerman, setelah Menteri Pendidikan Malaysia Fadhlina Sidek menyatakan negaranya  mundur dari pameran buku itu demi mendukung penuh Palestina.

Dalam pernyataan media penerbit buku perdagangan Malaysia, PTS Media Group Sdn Bhd yang diterima di Alor Setar, Kedah, Kamis, perusahaan itu memutuskan  menarik diri dari keikutsertaan sebagai peserta Pameran Buku Frankfurt 2023, akibat sikap penyelenggara pameran itu.

Penerbit Malaysia itu menyatakan tetap berkomitmen terhadap kemajuan kesusasteraan berbagi pengetahuan dan pertukaran budaya.

Mereka berharap keputusan itu memberikan kesadaran lebih luas mengenai situasi saat ini dan mendorong dialog dan solusi damai di Palestina.

Sejalan dengan sikap pemerintah Malaysia terhadap konflik Palestina-Israel, Kamar Bahasa dan Sastra (DBP) juga memutuskan mundur dari Pameran Buku Frankfurt 2023.

Kementerian Pendidikan Malaysia (KPM) memutuskan mundur dari pameran yang sedang berlangsung di Jerman itu, kata Menteri Pendidikan Malaysia Fadhlina Sidek.

Baca juga: Ikapi batalkan keikutsertaan pada Festival Buku Frankfurt

Keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan sikap pro-Israel dan dukungan terang-terangan penyelenggara pameran  kepada Israel.

Kementerian Pendidikan tidak akan pernah berkompromi melawan kekerasan Israel di Palestina karena hal ini terang-terangan melanggar hukum internasional dan hak asasi manusia, kata Fadhlina.

Keputusan KLH ini sejalan dengan sikap pemerintah Malaysia yang selalu bersolidaritas dan mendukung penuh Palestina, sambung Fadhlina.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada Rabu mengulangi lagi pernyataan bahwa posisi Malaysia jelas, tidak setuju dengan tindakan apa pun yang berdampak buruk kepada rakyat tak berdosa di Palestina.

Ia menyebut pengeboman Rumah Sakit Al-Ahli al-Arab di Utara Gaza yang menyebabkan 500 lebih orang termasuk perempuan dan anak-anak tewas, sudah sampai pada tahap gila dan tidak berperikemanusiaan.

Anwar kembali menegaskan Malaysia mengutuk sekeras-kerasnya perbuatan itu dan mendesak agar serangan segera dihentikan.

Baca juga: RS di Gaza dibom, Turki akan umumkan 3 hari berkabung

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023