Kota Bogor (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang sebelumnya diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung PDIP menyebutkan bahwa proses pemilihan Mahfud MD sudah sangat terbuka dan bulat.

Sandi yang menjadi salah satu kandidat cawapres Ganjar dari PPP sebelumnya ketika ditanya apakah merasa di-ghosting, menyatakan bahwa Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menko Polhukam RI) akhirnya dipilih Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri merupakan hak prerogatif pemimpin-pemimpin partai.

"Minggu lalu memang ada arahan pimpinan, karena keputusan akan diambil dalam beberapa hari. Sekitar sehari sebelumnya saya sudah diberitahu, prosesnya sangat terbuka, sangat berkeadilan, sangat bersahabat, penuh persaudaraan, dan ini sudah keputusan yang bulat," kata Sandi.

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Rabu (18/10). Pengumuman tersebut juga dihadiri oleh Sandiaga Uno yang menjadi salah satu kandidat yang dicalonkan PPP sebagai partai koalisi pemenangan Ganjar.

Sandi menyampaikan akan tetap bekerja dengan baik sebagai menteri maupun politisi dengan harapan bahwa semua di dalam konteks demokrasi Indonesia yang sangat bersahabat, berbeda dengan demokrasi di Barat mungkin banyak tidak ada proses diskusi dan proses persaudaraan dan gotong royong.

"Kalau di Indonesia ini berbeda, saya ini kan juga berbeda partai dengan Pak Wali, tapi kita disatukan dalam ekonomi kreatif," kata Sandi.

Sandi juga menyatakan telah legawa terhadap keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memimpin koalisi pengusung Ganjar Pranowo menjadi capres pada pemilihan umum (pemilu) 2024.

"Sudah-sudah. Tadi kan tarik nafas (sambil mencontohkan tarik nafas), tiga tarikan nafas ditahan, tiga detik, terus dilepas, saya baru dapat buku dari bu Nur ini. Sangat saya pakai, judulnya Breath," jawabnya, tersenyum.

Sandi lalu menuturkan, olah nafas menjadi salah satu bentuk seseorang dapat bersyukur dalam kehidupan, apa pun kondisinya.

"Jadi apapun kalau kita hadapi, kita bernafas, kita regulasi, karena nikmat Allah paling jarang kita syukuri ini, oksigen ini yang kita hirup," ujarnya.

Sandi juga menyampaikan kehadirannya di Kota Bogor tepat di hari pertama selepas pengumuman cawapres Ganjar mendapat udara di kota hujan ini berbeda dengan Jakarta sehingga membuat kunjungan kerjanya untuk menampung aspirasi UMKM terasa segar.

"Kualitas udaranya jauh lebih. Langit lebih biru. Dan emak-emaknya itu semangat, sehingga saya bisa langsung berkegiatan," kata dia.

Dia menyampaikan, sebelum ini selama seminggu karena memang ada arahan di internal politik, tetapi sejak awal memang sudah berkomitmen tidak akan mengganggu sebagai pembantu presiden, dalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi.

Sandi juga menyatakan akan tetap mendukung Ganjar-Mahfud dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 termasuk dukungan logistik.

"Sudah seharusnya karena itu adalah bagian tugas di politik. Support logistik ya harus, karena politik itu kan, politik pengabdian dan pengorbanan," ujarnya.

Namun demikian, sambungnya, belum ada arahan menjadi badan pemenangan nasional (BPN) pasangan Ganjar-Mahfud.

"Belum ada arahan dari pimpinan, tapi saya mengerti bahwa itu adalah sepenuhnya prerogatif dari partai politik," ujarnya lagi.

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023