Belitung (ANTARA) - Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil menilai pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun Anggaran 2023 di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) cukup memuaskan.

"Kita patut berbangga program TMMD di wilayah Sumbagsel dari tahun ke tahun menunjukkan hasil yang memuaskan dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya saat menutup kegiatan TMMD ke-118 Kodim 0414 Belitung di Air Seru, Sijuk, Belitung, Kamis.

Ia mengatakan pelaksanaan TMMD Tahun 2023 dilaksanakan serentak di lima kabupaten dan kota diantaranya Bengkulu Selatan wilayah Korem 041/Garuda Emas, Tanjung Jabung Barat wilayah Korem 042/Garuda Putih, Way Kanan wilayah Korem 043/Garuda Hitam, Lubuk Linggau wilayah Korem 044/Garuda Dempo, dan Belitung wilayah Korem 045/Garuda Jaya.

"Sebagaimana kita ketahui bersama pelaksanaan program TMMD ke-118 di Belitung adalah program yang dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan, pemda, Polri, instansi terkait, dan masyarakat setempat," ujarnya.

Baca juga: TNI jalankan program TMMD di 115 desa Kabupaten OKI

Baca juga: Panglima Kodam II/Sriwijaya: TMMD buka akses daerah terpencil


Menurut Pangdam II/Sriwijaya, kegiatan TMMD bertujuan membantu pemerintah daerah dalam mempercepat akselerasi pembangunan terutama berkaitan dengan pembangunan infrastruktur.

Infrastruktur yang dibangun dalam kegiatan TMMD diharapkan dapat membuka daerah yang selama ini terisolir dan tertinggal.

"Sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat demi kepentingan pertahanan dan tetap terpelihara kemanunggalan TNI bersama masyarakat," katanya.

Mayjen TNI Yanuar Adil menambahkan berbagai hasil pembangunan TMMD Tahun 2023, baik sarana fisik maupun non fisik telah mendorong perkembangan desa.

Nilai utama yang ingin ditumbuhkembangkan dalam setiap penyelenggaraan TMMD adalah terwujudnya ikatan kemanunggalan antara TNI dengan segenap jajaran pemerintah daerah di semua tingkatan serta dengan semua lapisan masyarakat.

"TNI dan masyarakat dapat saling bahu-membahu dan bergotong-royong membangun kehidupan sosial yang berkualitas sehingga bermuara pada terciptanya stabilitas keamanan daerah yang mantap sebagaimana yang kita cita-citakan bersama," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat dapat memelihara hasil-hasil program TMMD yang dilaksanakan dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama.

"Saya juga berpesan agar semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI, Polri, dan rakyat terus dipelihara jangan mudah terprovokasi oleh pihak manapun yang bertujuan untuk merusak persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.*

Baca juga: Peserta TMMD/N ke-118 tanam bibit pohon upaya lestarikan lingkungan

Baca juga: Kodim 1207/Pontianak pilih Desa Limbung menjadi lokasi TMMD 2023

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023