Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah undangan beredar di media sosial WhatsApp yang ditujukan kepada peserta seleksi calon karyawan Perum BULOG.

Seleksi tersebut dituliskan akan berlangsung pada Kamis 19 Oktober hingga Jum’at 20 Oktober yang bertempat di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Dalam undangan tersebut terdapat 20 nama peserta beserta nomor peserta dan juga terdapat jadwal seleksi. Peserta juga diminta untuk konfirmasi kehadiran ke Manager Perum BULOG atas nama Indra Dwi Krisna.

Peserta juga diminta menghubungi penanggung jawab Hendri Setiawan untuk informasi akomodasi dan transportasi peserta seleksi. Dalam undangan tersebut, dijelaskan bahwa BULOG bekerja sama dengan Planet Tour and Travel yang bertugas memesankan tiket peswat, menjemput peserta dari bandara hingga tempat pelaksanaan dan mengantar kembali peserta ke bandara.

Dijelaskan juga dalam undangan tersebut gaji dasar untuk karyawan Perum BULOG sebesar Rp7 juta hingga Rp14,7 juta perbulannya.

Namun, benarkah undangan seleksi rekrutmen tersebut?

 

Waspada penipuan rekrutmen mengatasnamakan Perum BULOG. (WhatsApp)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, undangan tersebut merupakan penipuan. Dalam Instagram resminya, Perum BULOG tidak bekerjasama dengan biro travel perjalanan, agensi rekrutmen manapun dan tidak memungut biaya apapun selama pelamar mengikuti seleksi yang diselenggarakan Perum BULOG.

Informasi terkait rekrutmen Perum BULOG dapat dilihat di situs resmi www.bulog.co.id dan sosial media resmi Perum BULOG:

Instagram : @perum.bulog

Facebook : Perum Bulog

Fanspage Facebook : BulogPerum

Twitter : @PerumBULOG

Tiktok : @perum.bulog

Dalam undangan tersebut, BULOG juga menjelaskan bahwa KOP surat tersebut tidak proporsional dan bukan KOP surat resmi BULOG. Selain itu, alamat yang terdapat di surat tersebut juga bukan alamat kantor BULOG. 

Dengan demikian, surat undangan  panggilan seleksi rekrutmen Perum BULOG tersebut merupakan hoaks.

Klaim: Waspada penipuan rekrutmen mengatasnamakan Perum BULOG

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Rekrutmen Pertamina disertai penggantian biaya akomodasi

Cek fakta: Hoaks! Undangan tahapan seleksi kerja BPJS Kesehatan

Baca juga: Bulog jelaskan soal impor beras 1 juta ton dari China

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023