Untuk itu Pelabuhan Tanjung Priok dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan National Marpolex 2023 dan sebagai lokasi perbantuan apabila terjadi musibah pelayaran di kawasan paling padat aktifitas pelayaran
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan menilai penyelenggaraan National Marpolex 2023 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, sangat penting karena sebagai ajang menguji kesiapan personel dan peralatan dalam menanggulangi pencemaran di perairan.

“Untuk itu Pelabuhan Tanjung Priok dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan National Marpolex 2023 dan sebagai lokasi perbantuan apabila terjadi musibah pelayaran di kawasan paling padat aktifitas pelayaran,” kata Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, Capt. Antoni Arif Priadi dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia dengan perkiraan lebih dari 50 persen dari seluruh arus barang yang keluar dan masuk ke Indonesia melewati pelabuhan ini. Hal ini menjadikan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi penyokong utama perekonomian Indonesia.

Saat membuka Latihan National Marpolex 2023 yang telah diselenggarakan sejak 16-21 Oktober 2023, Antoni menggarisbawahi kejadian tumpahan minyak di laut telah beberapa kali terjadi di perairan Indonesia, baik dalam skala lokal hingga lintas batas negara.

“Sebagai contoh, tumpahan minyak dalam skala lokal adalah tumpahan minyak di Perairan Karawang yang dekat dengan wilayah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2019 akibat kebocoran pipa gas pada sumur minyak YYA-1 milik PHE ONWJ," katanya

Sedangkan dalam skala internasional, dia mengungkapkan bahwa tercatat pada 2009, terdapat tumpahan minyak dari Montara Wellhead Platform di perairan Laut Timor Australia yang tumpahan minyaknya memasuki perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia dan menimbulkan kerusakan lingkungan dan kerugian sosial ekonomi masyarakat.

Untuk itu, tujuan utama National Marpolex 2023 diantaranya adalah untuk menguji coba dan mengevaluasi prosedur penanggulangan tumpahan minyak dalam skala lokal, daerah dan nasional, serta melatih dan meningkatkan kerja sama dan kapabilitas dalam operasi pengamatan, pengamanan, pencarian dan pertolongan, pemadaman kebakaran, penanggulangan tumpahan minyak, serta dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat tumpahan minyak di laut.

Dia juga mengapresiasi sinergi dan kerja sama antara Kementerian Perhubungan dan Kementerian/Lembaga terkait yang telah bersama-sama mengimplementasikan amanat dari Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 109 Tahun 2006 tentang Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di Laut.

Hal ini juga tak lepas dari dukungan penuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku Ketua Tim Daerah sehingga Latihan National Marpolex 2023 ini dapat terlaksana.

“Saya berharap latihan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Koordinasi dan latihan National Marpolex 2023 kita tunjukkan sebagai bentuk kesiapsiagaan semua stakeholder di Pelabuhan Tanjung Priok, di Provinsi DKI Jakarta, dalam menanggulangi tumpahan minyak di laut” kata Capt. Antoni.

Baca juga: RI tingkatkan kerja sama maritim di ASEAN dan mitra internasional

Baca juga: Indonesia paparkan perlunya keamanan pelabuhan-pelayaran internasional

Baca juga: Kemenhub usulkan pembangunan pelabuhan terintegrasi di ASEAN

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023