Tambahan DD Rp17 miliar itu disalurkan dengan jumlah yang bervariasi untuk 139 gampong (desa) dari 19 kecamatan di Pidie
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie, Aceh menyatakan telah mendapatkan tambahan Dana Desa (DD) sekitar Rp17 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2023.

“Tambahan DD Rp17 miliar itu disalurkan dengan jumlah yang bervariasi untuk 139 gampong (desa) dari 19 kecamatan di Pidie,” kata Plt Kepala DPMG Pidie Jufrizal, di Pidie, Kamis.

Jufrizal mengatakan, penambahan DD tersebut telah sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan Nomor 98 Tahun 2023 tentang Perubahan PMK 201 PMK 07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa.

“Gampong tersebut telah dinilai oleh Kementrian Keuangan diantaranya, pada penyampaian LPJ dan APBG tepat waktu, bebas korupsi, serta penyaluran BLT tepat waktu,” ujarnya.

Jufrizal menambahkan, dana desa yang diperuntukkan untuk 139 gampong tersebut jumlahnya berbeda-beda, ada desa dengan angka Rp128 juta dan juga Rp116 juta.

Sebelumnya, lanjut Jufrizal, Bupati Pidie juga telah menyurati camat di daerah setempat untuk diteruskan kepada 139 keuchik (kepala desa) untuk melakukan perubahan dalam APBG-P 2023 agar segera diproses lanjutannya.

Setelah itu, ada 37 gampong yang menyerahkan syaratnya, sisanya 102 gampong diharapkan dapat melakukan APBG perubahan paling lambat sebelum 31 Oktober 2023 sudah harus diserahkan, apalagi nantinya ada perbaikan kembali.

“Kami imbau seluruh keuchik agar dalam melaksanakan kegiatan benar-benar mentaati ketentuan dan peraturan sebagaimana yang telah ditentukan, serta segera ajukan dana gampong tahap III bagi yang telah menyelesaikan tahap II,” kata Jufrizal.

Baca juga: Dosen Unimal terapkan teknologi pendeteksi kualitas air tambak

Baca juga: Pidie targetkan produksi 170 ribu ton padi di musim tanam rendengan


Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023