Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pidie, Aceh mencatat jumlah hasil tangkapan ikan nelayan di daerah setempat hingga semester pertama 2023 mencapai 10,7 ribu ton untuk semua jenis ikan.

"Data sementara nelayan di Pidie mampu menangkap ikan lebih kurang sebanyak 10,7 ribu ton," kata Kadis DKP Pidie Safrizal, di Pidie, Senin.

Dirinya menyampaikan, dari jumlah tersebut, tangkapan tertinggi adalah ikan tongkol yakni mencapai 3,9 ribu ton, dan ini sudah berlaku sejak tahun sebelumnya .

Selain tongkol, beberapa jenis ikan tangkap lainnya juga termasuk tinggi di Pidie seperti cakalang mencapai 991 ton, ikan kembung 533 ton serta ikan selar 511 ton lebih.

"Sedangkan yang sedikit tangkapannya ada jenis ikan kerapu yakni 367 ton dan teri 78 ton dalam satu semester 2023 ini," ujarnya.

Dirinya menambahkan, rekapitulasi hasil tangkap tersangka berdasarkan tingkat jumlah ikan yang didaratkan pada enam titik tempat pendaratan ikan (TPI) di Pidie, yakni TPI Kembang Tanjong, Simpang Tiga, Kota Sigli, Muara Tiga, Batee dan Pidie.

Safrizal menuturkan, angka tersebut tidak bisa dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena untuk rekapitulasi hasil tangkap 2023 ini belum dapat dihitung semuanya sampai akhir Desember nanti.

"Kalau untuk hasil tangkap ikan hingga akhir 2022 lalu mencapai 21,2 ribu ton, dan jenis tongkol tetap mendominasi yakni 3,9 ribu ton," demikian Safrizal.

Baca juga: DKP: Pidie miliki 3.099 hektare tambak perikanan produktif

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023