Untuk kendaraan roda dua sudah bisa melalui jalur longsor. Sedangkan untuk roda empat belum bisa karena tumpukan material masih tinggi
Simpang Empat,- (ANTARA) -
Tim gabungan masih terus berupaya membersihkan material longsor di jalur longsor Talamau Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat karena hingga Kamis malam (19/10) belum bisa dilalui kendaraan roda empat.
 
"Untuk kendaraan roda dua sudah bisa melalui jalur longsor. Sedangkan untuk roda empat belum bisa karena tumpukan material masih tinggi," kata Camat Talamau Andre Affandi di Simpang Empat, Kamis malam.
 
Ia menjelaskan tim gabungan menggunakan alat berat jenis backhoe loader sejak pukul 12.00 WIB terus berupaya membersihkan material longsor di jalan provinsi tersebut.
 
Tim gabungan itu terdiri atas unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Kecamatan Talamau, pemerintah nagari, dan dibantu oleh masyarakat.
 
"Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki memimpin langsung pembersihan material yang tingginya empat meter dan diperkirakan 100 meter kubik material tanah dan batu," katanya.
 
Akibat longsor pada Kamis pagi tersebut arus lalu lintas yang melintasi arah ke Panti Kebupaten Pasaman-Talu-Simpang Empat terputus total.
 
"Terjadi antrean kendaraan kedua arah saat ini karena tidak bisa melalui jalan yang longsor karena material longsor menutupi badan jalan dan cukup tinggi," kata Andre Affandi.
 
Selain itu, katanya, material longsor berupa pohon menimpa kabel listrik yang mengakibatkan padamnya arus listrik ke arah Talu Kecamatan Talamau.
 
Pihaknya juga telah telah menghubungi pihak PLN Pasaman Barat untuk perbaikan jaringan instalasi listrik yang terputus itu.
 
"Kita juga mengimbau kepada pengendara roda dua hati-hati melintasi jalur longsor karena licin," katanya. 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023