Pendidikan vokasi juga berperan dalam mengisi sektor industri, mulai dari tenaga terampil dan inovatif, tenaga yang kreatif, tentunya untuk pengembangan berbagai desain produk
Jakarta (ANTARA) - Pendidikan vokasi memiliki peran penting dalam perekonomian bangsa yakni menciptakan tenaga terampil, inovatif dan kreatif serta dapat mengembangkan rancangan produk yang bisa diekspor.

“Pendidikan vokasi juga berperan dalam mengisi sektor industri, mulai dari tenaga terampil dan inovatif, tenaga yang kreatif, tentunya untuk pengembangan berbagai desain produk,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekenomian, Airlangga Hartanto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan pendidikan vokasi menjadi bagian integral dari pengembangan produk ekspor. Pendidikan vokasi turut terlibat dalam Trade Expo Indonesia ke-38, di ICE BSD City, Tangerang, Banten.

Satuan Pendidikan Vokasi yang terlibat dalam TEI 2023, yaitu SMK Raden Umar Said (Rus) Kudus dengan produknya 3D LED Advertising, Politeknik Astra dengan produknya Automated Guided Vehicle dan IoT based Smart Factory, Politeknik Negeri Batam dengan produknya Virtual Reality Pre-Flight Pesawat Terbang Cessna dan Interactive Game by Hololens.

Berikutnya SMKN 5 Malang dengan produknya Vintage Speaker dan Electric Vintage Motorbike, Politeknik Negeri Jakarta dengan produknya Genteng Limbah Plastik, dan Politeknik Negeri Media Kreatif dengan produknya Busana dari Limbah Masker dan Bioplastik Ramah Lingkungan dari Nata de Coco.

Pelaksana tugas Direktur Kemitraan dan Penyelarasan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) Kemendikbudristek, Uuf Brajawidagda mengatakan, TEI 2023 dapat menjadi ajang bagi industri untuk melihat keberadaaan pendidikan vokasi melalui karya-karya yang dipamerkan. Pihaknya juga akan melakukan akuisisi kemitraan dengan tim secara langsung.

Trade Expo Indonesia 2023 mengusung tema 'Sustainable Trade for Global Economic Resilience' dan diikuti oleh 1.193 peserta, dengan target penjualan melebihi 11 miliar rupiah.

Pameran perdagangan itu menampilkan tujuh zona ekspor, yaitu food & beverages, home living, digital & services, beauty & personal care. Lalu chemical, energy & industrial product, medical equipment & healthcare, serta fashion, textile & accessories. TEI 2023 digelar secara luring pada tanggal 18-22 Oktober 2023, dan secara daring pada tanggal 18 Oktober-18 Desember 2023.

Dalam pameran tersebut juga ditampilkan video anamorphic karya siswa SMK Raden Umar Said Kudus. Pada TEI 2023 ini, SMK Rus Kudus menampilkan empat karya animasi yaitu Sabda Alam, Unstring Your Heart, Wakakibo, serta Watersplash dan Abstract Particle.

Karya animasi Sabda Alam, menceritakan kisah burung rangkong jantan yang terbang hingga memberi makan keluarganya melalui lubang pohon. Ada karya animasi lain yang berjudul Unstring Your Heart, menceritakan dua karakter yang membawa boneka kayu dan memainkannya menari di depan Lawang Sewu.

Selain itu, ada karya animasi berjudul Wakakibo yang mengisahkan dua Karakter Waka dan Kibo yang asyik bermain petak umpet. Serta animasi berjudul Watersplash dan Abstract Particle, yang menampilkan visual efek air realistis dan pergerakan abstract particle dengan angle view anamorphic yang turut memperlihatkan 3D ruang dalam layar videotron.

Pewarta: Indriani
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023