Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis, menjadi provinsi kelima di Pulau Sumatera yang disinggahi untuk menyebarkan paham antikorupsi
Medan (ANTARA) - Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis, menjadi provinsi kelima di Pulau Sumatera yang disinggahi untuk menyebarkan paham antikorupsi.

Perwakilan rombongan roadshow Bus KPK RI Medio Venda Sukarta mengatakan roadshow Bus KPK diinisiasi agar seluruh komponen masyarakat turut berperan serta dalam pemberantasan korupsi.

"Kita harapkan kolaborasi yang berjalan baik ini terus berjalan, saya yakin Sumut bisa menjadi contoh yang baik mengenai pencegahan korupsi," ujar Venda dalam acara penyambutan tim Roadshow Bus KPK, di Medan, Kamis.

Ia mengatakan masyarakat dapat ikut berperan dalam pengentasan korupsi antara lain, dengan melaporkan dugaan tindak pidana korupsi, memantau layanan publik, dan melaporkan penerimaan gratifikasi.

"Kita mengapresiasi Pemprov Sumut yang telah menyambut kegiatan ini," katanya.

Baca juga: Gubernur Sumbar lepas Roadshow Bus KPK ke Sumatera Utara

Sementara itu, Inspektur Daerah Provinsi Sumut Lasro Marbun menyambut baik kehadiran KPK di tengah masyarakat via Roadshow Bus KPK.

Menurutnya, kehadiran Roadshow Bus KPK RI dapat meningkatkan upaya pencegahan korupsi di Sumut sejak dini.

"Terima kasih atas kehadiran di Sumut, kami apresiasi kami harap gaung antikorupsi di Sumut bisa bertambah tebal," kata Lasro.

Lasro menjelaskan  berbagai capaian yang telah diraih Pemprov Sumut dalam hal tata kelola pemerintahan, antara lain prestasi monitoring center for prevention berada di urutan pertama regional Sumatera dan urutan 10 nasional, meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

"Pemprov Sumut juga telah memperoleh sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) level 3, kapabilitas aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) level 3, pencegahan korupsi level 3, dan penerapan manajemen risiko level," katanya.

Baca juga: Road show Bus KPK berkeliling Kota Pekanbaru 
Baca juga: KPK lepas bus antikorupsi 2023 ke Sumatera

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023