Air yang kami sediakan itu layak dan aman. Layak itu artinya bersih dan aman berarti bebas dari kuman
Medan (ANTARA) - Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi menegaskan pihaknya berkomitmen menekan angka stunting di Sumatra Utara dengan menyediakan air bersih untuk kebutuhan warga.

"Air yang kami sediakan itu layak dan aman. Layak itu artinya bersih dan aman berarti bebas dari kuman," ujar Kabir di Medan, Rabu.

Dia menegaskan, Perumda Tirtanadi pun sudah menandatangani Komitmen Bersama Rembuk Stunting Provinsi Sumatera Utara pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 di Medan, Jumat (8/3).

Kabir menyebut, dalam penyediaan air bersih, Perumda Tirtanadi melakukan semua prosedur yang sudah ditetapkan.

"Kami juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memantau kualitas air Perumda Tirtanadi," kata dia.

Selain itu, Kabir pun memastikan tujuh Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dikelola Perumda Tirtanadi dalam kondisi prima untuk mengalirkan air bersih kepada masyarakat.

Saat ini, dia menjabarkan bahwa Perumda Tirtanadi mengoperasikan tujuh IPA yakni IPA Sunggal, IPA Deli Tua, IPA Sibolangit, IPA Limau Manis, IPA Hamparan Perak, IPA Martubung serta SPAM Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang).

"Semua itu IPA dengan kapasitas debit air lebih dari 200 liter per detik. Sejatinya masih ada beberapa IPA lain tetapi itu berstatus mitra," tutur Kabir.

Dalam Musrenbang RKPD 2025, pemberantasan stunting masuk menjadi salah satu bagian dari empat aspek pembangunan Pemerintah Provinsi Sumut pada tahun 2025.

Hal itu termasuk dalam program peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan dan penurunan angka kemiskinan.

Pemprov berharap hal tersebut dapat mempercepat pembangunan dalam mewujudkan Sumut yang unggul, maju dan berkelanjutan.

Di Sumut, angka prevalensi Sumut terus menurun. Pada tahun 2021, prevalensi stunting berada di kisaran 25,8 persen, lalu turun menjadi 21,1 persen pada tahun berikutnya.

Tahun 2023, Pemprov Sumatera Utara memproyeksikan prevalensi stunting di wilayahnya dapat berada di 18 persen

Baca juga: Perumda Tirtanadi gratiskan tagihan air masjid selama Ramadhan 2024
Baca juga: Perumda Tirtanadi operasikan SPAM Mebidang mulai Januari 2024

   

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024