ada kekurangan debit air sebesar 3.700 liter per detik dan itu terus diupayakan oleh Perumda Tirtanadi
Medan (ANTARA) - Direktur Utama Perumda Tirtanadi Kabir Bedi optimistis debit air bersih 11.000 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sumatera Utara dapat terpenuhi pada tahun 2025.

"Pada tahun 2025, semua kebutuhan masyarakat itu sudah tercukupi," ujar Kabir kepada ANTARA di Medan, Sabtu.

Menurut dia, saat ini, pihaknya baru dapat melayani kebutuhan air bersih dengan debit air 7.300 liter per detik.

Artinya, ada kekurangan debit air sebesar 3.700 liter per detik dan itu terus diupayakan oleh Perumda Tirtanadi.

Kabir Bedi menyebutkan salah satu infrastruktur yang dibuat untuk menambal kekurangan itu adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk kawasan Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang).

SPAM Mebidang, yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 Agustus 2023, mampu mengalirkan air sebanyak 1.100 liter per detik.

Baca juga: Dirut: Perumda Tirtanadi tunggu penugasan operasikan SPAM Mebidang

Baca juga: 1.500 personel PDAM Tirtanadi siaga 24 jam-tidak cuti masa Lebaran


Selain itu, Perumda Tirtanadi juga tengah membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Johor dan Brayan yang kapasitasnya masing-masing sekitar 400 liter per detik dan 500 liter air per detik.

"Kemudian, kami akan meningkatkan kapasitas IPA Deli Tua dan IPA Sunggal. Kapasitas IPA Deli Tua akan dinaikkan 300 liter per detik dan IPA Sunggal ditambahkan 400 liter per detik," kata Kabir.

Lalu, ada pembangunan SPAM Mebidang tahap kedua berkapasitas 750 liter per detik yang ditargetkan rampung pada tahun 2025.

"Terakhir, kami akan membangun instalasi lagi yang rencananya beroperasi pada tahun 2025 dengan kapasitas 300 liter per detik," tutur Kabir.

Adapun Perumda Tirtanadi hingga kini memiliki enam IPA, yang berfungsi mengolah air menjadi air siap dikonsumsi, di wilayah Medan dan beberapa kabupaten di sekitarnya.

IPA tersebut yaitu IPA Sibolangit (Deli Serdang), IPA Deli Tua (Deli Serdang), IPA Sunggal (Medan), IPA Limau Manis (Deli Serdang), IPA Hamparan Perak (Deli Serdang) dan IPA Belumai (Deli Serdang).

Sumut akan mempunyai lagi dua IPA tambahan yang masih dibangun yakni IPA Medan Johor dan IPA Pulo Brayan.

Bukan cuma itu, produksi air bersih di Sumut juga disokong oleh Sistem Penyediaan Air Minum untuk kawasan Medan, Binjai dan Deli Serdang.

Baca juga: PT Pos: Sistem komunitas permudah distribusi bansos beras Sumut

Baca juga: Bulog Sumut: Pedagang beras SPHP harus pasang spanduk pemberitahuan


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023