Kebijakan itu supaya masyarakat lebih tenang dalam menjalankan ibadah puasa saat bulan suci Ramadhan
Medan (ANTARA) - Direktur Utama Perumda Kabir Bedi mengatakan pihaknya menggratiskan tagihan kepada seluruh masjid di Sumatra Utara yang menjadi pelanggan mereka selama bulan Ramadhan 2024.

  "Kebijakan itu supaya masyarakat lebih tenang dalam menjalankan ibadah puasa saat bulan suci Ramadhan," ujar Kabir di Medan, Rabu.

  Dia melanjutkan, ada lebih dari 1.000 masjid pelanggan Perumda Tirtanadi yang berhak mendapatkan layanan air secara cuma-cuma.

  Selain itu, selama Ramadhan, Perumda Tirtanadi juga menerapkan beberapa kebijakan untuk menyokong pelayanan air bersih.

  Kabir menjelaskan, pihaknya menyediakan mobil-mobil tangki air bersih di beberapa kantor cabang terutama yang rawan gangguan air misalnya di Kantor Cabang Yamin, Medan, lalu Kantor Cabang Sri Agul, Medan dan Kantor Cabang Diski, Deli Serdang.

  "Ketika masyarakat memerlukan sokongan mobil tangki, kami akan segera mengirimkannya," kata dia.

  Kemudian Perumda Tirtanadi juga menyiagakan personel selama 24 jam non-setop untuk menangani permasalahan air di Sumut.

  Salah satu persoalan yang disebut Kabir berpotensi terjadi adalah pecahnya pipa transmisi yang dapat menghambat aliran air ke pelanggan dan membuat air menjadi keruh.

  Menurut dia, jika yang rusak adalah pipa transmisi besar dengan diameter di atas dua inchi (sekitar 50 milimeter), Perumda Tirtanadi akan melakukan perbaikan saat itu juga setelah laporan kerusakan diterima.

  "Namun untuk pipa pelanggan yang berukuran sekitar satu inchi ke bawah, perbaikannya dilakukan pada pagi hari setelah laporan masuk," tutur Kabir.


Baca juga: Perumda Tirtanadi operasikan SPAM Mebidang mulai Januari 2024
Baca juga: Perumda Tirtanadi Sumut: Debit 11.000 liter air/detik terpenuhi 2025


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024