Beijing (ANTARA) - Observatorium nasional China pada Kamis pagi memperbarui peringatan biru untuk Topan Sanba, yang diperkirakan akan membawa angin kencang dan hujan lebat ke wilayah selatan, timur, dan tengah negara itu.

Menurut Pusat Meteorologi Nasional, Topan Sanba, topan ke-16 yang melanda China tahun ini, mendarat di daerah pesisir Kota Dongfang di Provinsi Hainan pada Kamis sekitar pukul 09.00 waktu setempat menghasilkan angin kencang hingga 20 meter per detik di dekat pusatnya.

Topan tersebut bergerak ke arah utara dengan kecepatan 10-15 kilometer per jam, dan kekuatannya cenderung meningkat secara bertahap.

Dipengaruhi oleh topan, angin kencang diperkirakan terjadi di beberapa bagian Laut China Selatan, Teluk Beibu, Selat Qiongzhou, Guangdong, Guangxi, dan Hainan, sementara hujan badai diperkirakan melanda beberapa bagian di Hunan, Jiangxi, Guangxi, dan Guangdong mulai Kamis pukul 14.00 hingga Jumat (20/10) pukul 14.00.

Pusat tersebut mendesak pemerintah setempat untuk mempersiapkan langkah-langkah tanggap darurat topan dan tetap waspada terhadap kemungkinan banjir dan bencana geologi.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tingkat berkode warna, dengan warna merah mewakili peringatan paling parah, diikuti oleh oranye, kuning dan biru.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023