Maka harus ada alternatif usaha, yaitu peternakan. Ini pakannya juga dari daun jagung.
Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menyempatkan diri mengunjungi peternakan ayam dan kambing di Moncongloe, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Bahtiar mengatakan, kedatangannya untuk melihat langsung peternakan milik warga, sehingga mengetahui peluang dan kendala yang mungkin dihadapi, termasuk untuk pembuatan kandang.

"Ternyata saya belajar di sini, kalau kita bikin kandang dengan 3.000 ekor cukup dengan uang Rp650 juta. Itu sampai bertelur dan setiap hari bisa pungut duit Rp1,5 juta hingga Rp2 juta," kata Bahtiar didampingi Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel Nurlina Saking dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Peternakan kambing juga dinilainya potensial. Untuk anaknya saja yang baru dilahirkan itu Rp2,5 juta. Dengan bibit indukan impor.

"Makanya saya ajak teman-teman dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan provinsi. Saya akan kembangkan Pucak Maros itu jadi kawasan pusat peternakan ayam sama kambing. Bagaimana caranya, belajar dengan yang sukses. Ada yang dikelola pemerintah. Ada yang sama peternak, yang berpengalaman agar berkembang bibitnya," ujarnya pula.

Bahtiar yakin, sektor peternakan akan menjadi sumber pendapatan alternatif masyarakat dan mengatasi kemiskinan di Sulsel. Selain itu, lahan di ketinggian ini bisa ditanami tanaman tertentu.

"Maka harus ada alternatif usaha, yaitu peternakan. Ini pakannya juga dari daun jagung. Jadi dari hulu dan hilir kita hidupkan," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi Bupati Gowa yang memiliki peternakan. "Ternyata Bupati Gowa punya peternakan. Coba bayangkan kalau seluruh bupati di Indonesia punya peternakan telur, persoalan stunting kita terselesaikan," katanya lagi.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjelaskan, potensi untuk peternakan di daerahnya sangat besar.

"Untuk peternakan, warga sini rata-rata memiliki ayam petelur dan ayam potong. Bahkan di sini sudah ada tiga close house untuk ayam potong yang memang menyuplai Makassar dan lainnya. Kabupaten Gowa ini menyuplai Makassar, mulai dari kebutuhan makanan dan airnya," ujarnya pula.
Baca juga: Kementan target 500 ribu dosis vaksin untuk hewan ternak di Sulsel
Baca juga: Pj Gubernur Sulsel dorong inseminasi buatan tingkatkan populasi ternak

 
Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin meninjau peternakan kambing dan ayam di Kabupaten Gowa, Kamis (19/10/2023). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023