Johannesburg (ANTARA News/AFP) - Juara Afrika Nigeria akan bertandang ke Kenya Rabu esok untuk menjalani  pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014.

Elang Super menuju pertandingan keempat dengan koleksi angka sama dan hanya berselisih gol dengan Malawi di Grup F. Mereka memuncaki klasemen hanya karena mencetak lebih banyak gol.

Namibia, yang melawat ke Malawi pada waktu bersamaan, mengemas tiga angka dan Kenya dua angka.

Hanya tujuh tim yang telah mencetak gol dari enam pertandingan di mana Nigeria hanya mencatatkan rata-rata satu gol, yakni saat menang atas Namibia dan imbang dengan Malawi serta Kenya.

Ketika kemenangan kandang atas Namibia dan hasil imbang saat bertandang ke Malawi sebagai hasil memuaskan, tidak demikian dengan hasil imbang di kandang sendiri dengan Kenya.

Ini bisa memperburuk peluang bagi pemegang gelar juara Piala Afrika yang baru, saat Nnamdi Oduamadi menyamakan kedudukan di masa tambahan waktu untuk menyelamatkan satu angka.

Kenya memiliki keuntungan bermain kandang dan mereka bergembira andai bisa menaklukkan negara yang belum pernah dikalahkannya di ibukota Kenya.

Persiapan Nigeria jauh dari ideal dan mereka akan melakukan perjalanan udara sejauh 22.000 mil sebelum mendarat di Kenya, hanya 24 jam sebelum memainkan pertandingan besar.

"Pertandingan melawan Kenya akan menyerupai final. Tidak pernah mudah untuk menang dalam pertandingan tandang di Afrika, dan kami harus membuktikan bahwa kami merupakan juara yang layak di Kenya pekan ini dan pekan depan di Namibia," kata pelatih Stephen Keshi seperti dikutip AFP.

(H-RF/A020)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013