Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep blusukan ke Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, untuk menyerap aspirasi masyarakat khsusnya para pedagang, Jumat.
 
Kedatangan Kaesang disambut meriah oleh para pedagang dan pengunjung pasar Kebayoran Lama. Kaesang juga dengan ramah memenuhi permintaan sejumlah pedagang dan pengunjung pasar untuk berswafoto, dalam blusukan tersebut Kaesang didampingi Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka.

Usai berkeliling pasar, Kaesang kemudian berbincang dengan perwakilan pedagang dan salah satu aspirasi yang disampaikan pedagang adalah permintaan relokasi.

"Salah satunya di sini adalah masalah untuk relokasi pasar, karena kita lihat sendiri semua banyak pedagang yang berjualan di emperan, apalagi dari mereka yang meminta untuk bisa dapat tempat berjualan yang jauh lebih nyaman," kata Kaesang di Pasar Kebayoran Lama, Jumat.

Kaesang kemudian mengungkapkan bahwa relokasi pedagang dalam jumlah besar akan membutuhkan upaya ekstra, khususnya dengan lahan di Jakarta yang sangat terbatas.

"Tadi saya menyarankan apakah mau kalau misalnya pasar ini (Kebayoran Lama) direnovasi," ujarnya.

Usulan tersebut disambut baik oleh para pedagang di Pasar Kebayoran Lama. Aspirasi pedagang tersebut selanjutnya akan disampaikan ke DPRD DKI Jakarta untuk ditindaklanjuti.

"Yang bisa kita lakukan kan kita punya ada beberapa teman kita yang ada di DPRD. Kita dorong, kan kami pasti selalu catat apa poin yang kita dengar habis itu nanti kita kasih teman-teman yang ada di legislatif untuk menyuarakan," ujar Kaesang.

Salah seorang pedagang juga mengungkapkan adanya penurunan omset akibat ketatnya persaingan dengan pedagang daring.

"Pasti sama semua, tapi mau gimana pun kita harus tahu zaman juga berubah. Nah nanti kita juga ada teman-teman PSI, kita coba carikan solusi apakah kita bikinkan sebuah tempat aplikasi wadah ibu-ibu bapak-bapak pedagang di sini supaya bisa berjualan online juga," pungkasnya.

Baca juga: Airlangga dan Kaesang bahas kerja sama politik 
Baca juga: Sekjen PSI: Kaesang ingin menimba ilmu dari Airlangga
Baca juga: DJSN terima kunjungan PSI untuk tukar pikiran soal jaminan sosial
 
 
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023