Kami sudah melihat sejumlah bukti awal, tetapi kami akan terus bekerja sama dengan sekutu-sekutu kami secepat mungkin sebelum mencapai kesimpulan yang tegas dan final
Trenton (ANTARA) - Kanada tidak bisa menyimpulkan pihak yang bertanggung jawab dalam  serangan terhadap rumah sakit di Gaza yang terjadi pekan ini dan menewaskan serta melukai ratusan warga Palestina, kata Perdana Menteri Justin Trudeau pada Jumat.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden sebelumnya mengatakan "tim lain" dari organisasi Palestina lain, bertanggung jawab atas serangan mematikan di rumah sakit Gaza itu.

Berbeda dengan Biden, Trudeau menyimpulkan belum ada bukti yang kuat untuk memastikan kebenaran tersebut.

"Kami bekerja sama dengan para sekutu untuk menentukan apa yang sebenarnya terjadi," kata Trudeau saat konferensi pers di Ottawa bersama para pemimpin Karibia yang sedang menghadiri pertemuan KTT kawasan itu.

Israel dan Hamas saling tuding atas ledakan  di sebuah rumah sakit di Gaza pada 17 Oktober yang menewaskan sekitar 300-500 orang.

"Kami sudah melihat sejumlah bukti awal, tetapi kami akan terus bekerja sama dengan sekutu-sekutu kami secepat mungkin sebelum mencapai kesimpulan yang tegas dan final," kata Trudeau.

Baca juga: China desak dijaminnya hak-hak rakyat Palestina

Trudeau mengatakan banyak komunitas Kanada yang kehilangan teman dan keluarga mereka dalam ledakan tersebut. Oleh karena itu, dia ingin memastikan secara hati-hati siapa yang bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Sebelumnya, Asosiasi Kebudayaan Palestina di Kanada mengatakan  pekan ini bahwa sejumlah warga Edmonton di Provinsi Alberta  kehilangan puluhan keluarga akibat bencana tersebut.

Hamas mengatakan kehancuran di rumah sakit di Gaza terjadi karena serangan udara Israel, sementara Israel menuding roket salah sasaran yang diluncurkan Jihad Islam sebagai penyebabnya.

Kanada bukan satu-satunya negara yang enggan menyebutkan pihak mana yang melancarkan serangan tersebut.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sebelumnya juga menyatakan tidak akan "terburu-buru mengambil keputusan" dan seperti Kanada, Inggris juga mengatakan sedang bekerja sama dengan sekutu-sekutunya guna mengungkap kebenaran.

Baca juga: Roket dan drone hantam pangkalan AS di Irak, kemungkinan terkait Gaza

Sumber: Anadolu
 

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023