WNA yang ke Indonesia tersebut sebagian besar warga negara Malaysia dan hanya sebagian kecil WNA dari negara lain,"
Nunukan (ANTARA News) - Warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia melalui Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur selama Mei 2013 sebanyak 1.280 orang.

"WNA yang ke Indonesia tersebut sebagian besar warga negara Malaysia dan hanya sebagian kecil WNA dari negara lain," ucap Kepala Pos Imigrasi Pelabuhan Internasional Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Nasution di Nunukan, Selasa.

Dari 1.280 WNA yang masuk melalui Kabupaten Nunukan, katanya, sebagian besar menggunakan paspor kunjungan yakni 1.192 orang yang terdiri atas 675 laki-laki dan 517 perempuan, serta 88 orang yang menggunakan pas lintas batas terbitan Sabah.

"Jika dirata-ratakan, sebanyak 47-47 WNA setiap hari yang masuk ke Indonesia dari Malaysia melalui Nunukan," katanya.

Menurut Nasution, WNA yang masuk ke Kabupaten Nunukan dengan menggunakan pas lintas batas pada umumnya untuk mengunjungi sanak keluarganya di wilayah itu. Sedangkan WNA yang menggunakan paspor kunjungan pada umumnya melanjutkan perjalanan ke Sulawesi untuk mengunjungi keluarganya di sana.

Selain WNA yang datang, Nasution juga mengaku setiap bulan melakukan pendataan terhadap WNA yang berangkat ke Sabah Malaysia melalui wilayah kerjanya.

Selama Mei 2013 lalu, dia menyebutkan, WNA yang menyeberang ke Sabah melalui Pelabuhan Internasional Tunon Taka sebanyak 788 orang dengan perincian 696 yang menggunakan paspor kunjungan dan 92 orang yang menggunakan pas lintas batas.
(KR-MRN/H-KWR)

Pewarta: M Rusman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013