Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari. Hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja
Pekanbaru (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau, Jumat (20/10).

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga dini hari. Hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Forecaster on Duty BMKG stasiun, Mia Vadilla dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat beberapa hari ke depan di Aceh

Mia menjelaskan pada malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir pada sebagian wilayah di Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kuantan Singingi dan juga Kabupaten Rokan hilir.

Ia menyebutkan, pada dini hari atau mulai pukul 00.00 WIB Sabtu (21/10), potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis dan juga Kabupaten Kepulauan Meranti.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,1 wilayah Seram, Maluku dipicu subduksi Seram Utara

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah itu," katanya.

Potensi hujan dengan intensitas sedang tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan hulu, dan Kabupaten Rokan Hilir pada malam hari.

Sedangkan suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0–33.0 °C dengan kelembapan udara 55–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke tenggara–barat daya dengan kecepatan 10–27 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5-1.25 meter. 

Baca juga: BMKG: Sejumlah wilayah berpotensi diguyur hujan lebat hingga karhutla

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023