puncak peringatan Hari Santri Nasional pada Minggu (22/10) dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Manan Kendari
Kendari (ANTARA) - Kantor wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara akan melibatkan sedikitnya 10 ribu peserta kirab dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Kota Kendari.

Kakanwil Kemenag Sultra, Muhamad Saleh di Kendari, Jumat mengatakan kirab yang akan diselenggarakan dengan start dari Masjid Raya Al-Kautzar Kendari dan finis di Kantor Kemenag Sultra itu selain melibatkan seluruh sekolah Madrasah Aliyah (MA) negeri dan swasta, MTs dan MI, pondok pesantren, ormas, penyuluh agama, penghulu, staf KUA, se-Kota Kendari.

"Jadi puncak peringatan Hari Santri Nasional pada Minggu (22/10) dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Manan Kendari dengan agenda acara yakni apel siaga dan beberapa kegiatan keagamaan lainnya," ujarnya.

Muhamad Saleh mengatakan, momentum Hari Santri Nasional 2023 dapat membangkitkan semangat para santri yang ada di Sultra untuk meningkatkan kompetensi, kualitas dalam rangka pelaksanaan pembangunan segala bidang, khususnya di Sulawesi Tenggara.

Sesuai dengan tema hari santri tahun ini yakni "Jihad Santri Jayakan Negeriku" .

"Mudah-mudahan Hari Santri Nasional tahun ini kita bisa membangkitkan semangat para santri yang ada di Sultra," kata Muhamad Saleh yang didampingi Kabid Pendidikan Agama Islam (Pakis), Muh.Basri.

Baca juga: Unusa jadi tuan rumah grand final Duta Santri Nasional 2023
Baca juga: Ribuan santri di Serang jalan santai meriahkan hari santri Nasional


Kakanwil Kemenag Sultra menyebut selain kirab, ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilakukan pada peringatan Hari Santri Nasional 2023.

Seperti lomba pidato bahasa Indonesia, diikuti oleh santri pondok pesantren dan madrasah se-Kota Kendari, bekerja sama dengan Densus 88 Antiteror Polda Sultra pada 17-18 Oktober 2023.
 
Kakanwil Kemenag Sultra, H.Muhamad Saleh saat memberi keterangan terkait Hari Santri Nasional 2023 di Kota Kendari, Jumat (20/10/2023). ANTARA/Azis Senong


Kemudian, zikir akbar bersama diikuti oleh seluruh satuan kerja (satker) kantor wilayah provinsi, kabupaten dan kota, madrasah, serta pondok pesantren.

"Kita bekerja sama dengan pengurus wilayah NU Sultra, sehingga pelaksanaan zikir, dan doa kemarin yang kita helat di Masjid Amal Bakti Kanwil Kemenag Sultra berjalan lancar," ujarnya seraya menambahkan pada akhir kegiatan pembacaan satu miliar salawat nariyah, serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Baca juga: PBNU dan ratusan santri tanam 2.500 bibit mangrove di Surabaya
Baca juga: PBNU: Lomba mengajar kitab kuning dorong inovasi pembelajaran
Baca juga: Ekspo dan seminar pesantren meriahkan Hari Santri Nasional di Kalbar

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023