Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku dan Kepulauan Banda Naira menjadi tuan rumah Jambore Selam Nasional XIII dan Kongres Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia.

"Kegiatan ini mengusung tema Pesona Banda Naira," ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Alumni Prof. Jusuf Madubun dalam keterangan yang diterima di Ambon, Jumat.

Prof. Jusuf mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan keindahan alam bawah laut Provinsi Maluku (Banda Naira), meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian ekosistem laut dan terumbu karang, menghadirkan pengalaman unik dan mendalam bagi peserta dalam menjelajahi kehidupan bawah air.

"Tak hanya itu kegiatan ini juga untuk mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan di Kepulauan Banda serta mengaktualisasikan nilai-nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi," katanya.

Ia mengatakan Indonesia sebagai negara kepulauan ini memiliki keanekaragaman dan keindahan bawah laut yang harus dijaga, dieksplor serta dikelola dengan baik, karena jika sumber daya alam ini bisa dikelola dengan baik maka hal ini dapat menjadi sumber pendapatan nasional.

Prof. Jusuf Madubun berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi para peserta serta dapat berdampak bagi kemajuan sumberdaya Laut Maluku.

"Jambore selam diharapkan dapat memberikan edukasi kepada para peserta tentang keberagaman hayati laut dan pentingnya menjaga ekosistem laut sehingga adanya peningkatan kesadaran lingkungan yang berdampak terhadap keberlanjutan ekosistem terumbu karang dan ekonomi lokal," katanya menjelaskan.

Sementara itu Ketua Pattimura Diving Society (Padis) Hamdiani Saputri Hamid dalam laporannya mengatakan, Jambore Selam Nasional ke XIII dan Kongres Forum Penyelam Mahasiswa Ke-IV Indonesia diikuti oleh 70 peserta dari 30 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada perguruan tinggi di Indonesia dan pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung hingga 28 Oktober 2023.

“Pada kegiatan ini kita akan melakukan briefing penyelaman yang dilaksanakan pada dua tempat yakni di Kota Ambon pada dua lokasi yaitu Hukurila dan Pintu Kota, dan di Banda Naira dilokasi Lavaflow dan Pulau Hatta yang merupakan destinasi wisata bahari yang kaya akan keindahan alam bawah laut," katanya menjelaskan.

Pada kesempatan yang sama Ketua Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (Fopmi) Akmal Yalid Perwira mengatakan kiranya dengan kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk berbagi ilmu dan semangat guna melestarikan bahari di Indonesia dan sebagai ajang silaturahmi antar peserta dalam forum tersebut.

Baca juga: Menparekraf luncurkan program pelatihan keselamatan wisata selam
Baca juga: Unpatti tambah delapan guru besar kembangkan pendidikan di Maluku
Baca juga: Unpatti-PPATK edukasi mahasiswa berantas tindak pidana pencucian uang

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023