Kita tidak boleh lupa akar masalahnya adalah pendudukan wilayah Palestina oleh Israel, ini yang harus diselesaikan sesuai dengan parameter internasional yang telah disepakati
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menyuarakan hak rakyat Palestina untuk dapat hidup merdeka.
 
"Secara prinsip saya mengapresiasi konsistensi Indonesia yang mendukung Palestina untuk dapat merdeka," kata Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid saat ditemui di Jakarta, Jumat.
 
Hidayat Nur Wahid mengatakan konsistensi tersebut ditegaskan dengan langkah Presiden Jokowi untuk menyuarakan hak rakyat Palestina dalam kunjungannya di China dan Arab Saudi.
 
Dia menyebutkan upaya Pemerintah Indonesia mencari dukungan kepada organisasi multilateral lainnya, seperti Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), untuk dapat menyuarakan hak rakyat Palestina merdeka merupakan langkah yang baik untuk dilakukan.

Baca juga: Indonesia kecam kekerasan yang sebabkan jatuhnya korban sipil di Gaza
 
Upaya tersebut, menurutnya, dapat dipertegas jika Presiden Jokowi dapat mengunjungi Palestina secara langsung.
 
"Dukungan melalui OKI boleh saja, tapi pernyataan langsung dari Presiden tentunya akan lebih berpengaruh," ujar Hidayat Nur Wahid.
 
Sementara itu di tempat terpisah, Presiden Jokowi kembali menyeru agar tindakan kekerasan di Gaza dihentikan, serta menegaskan bahwa isu kemanusiaan harus menjadi prioritas di tengah konflik antara Israel dan kelompok Hamas Palestina.

Baca juga: Jokowi ajak Arab Saudi bersama-sama hentikan eskalasi konflik di Gaza
 
Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Kawasan Teluk (GCC) yang diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi, pada Jumat, Presiden Jokowi mengajak ASEAN dan GCC untuk bersama-sama mencegah agar situasi di Gaza tidak semakin memburuk.
 
“Kita tidak boleh lupa akar masalahnya adalah pendudukan wilayah Palestina oleh Israel, ini yang harus diselesaikan sesuai dengan parameter internasional yang telah disepakati,” ujar Presiden Jokowi.
 
Presiden Jokowi pun mengatakan bahwa posisi ASEAN dan GCC harus jelas dan solid untuk mendukung solusi perdamaian yang adil dan langgeng di Palestina.

Baca juga: Presiden Jokowi: Kekerasan di Gaza harus dihentikan
Baca juga: Jokowi sebut perang Israel-Palestina perburuk krisis global

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023