Karena pintu tol yang bisa masuk Tol Cikampek paling dekat di situ. Atas dasar itu maka dibangun Flyover Deltamas.
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat membantu percepatan proyek fisik pembangunan Jalan Layang Deltamas, Cikarang Pusat sebagai solusi memperlancar arus lalu-lintas kendaraan di wilayah itu.

"Upaya pemerintah daerah dalam mendukung dan mendorong pembangunan flyover ini, membantu proses perizinan, amdal lalu lintas dan yang lain supaya semua bisa berjalan cepat," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai memimpin rapat pembangunan, di Ruang Rapat Bupati Bekasi, Jumat.

Dia menilai pembangunan Jalan Layang Deltamas ini sebagai upaya antisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan di area itu hingga lima tahun ke depan yang diprediksi semakin meningkat.

Bukan hanya perkembangan area komersial Deltamas, namun pembangunan jalan layang ini juga memiliki keterkaitan dengan akses Stasiun Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung yang sedang dibangun di Kabupaten Karawang, sekaligus akses menuju Gerbang Sukabungah pada Tol Jakarta-Cikampek Selatan.

"Akan melewati itu juga di antaranya. Karena pintu tol yang bisa masuk Tol Cikampek paling dekat di situ. Atas dasar itu maka dibangun Flyover Deltamas," katanya pula.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan Pemkab Bekasi mengapresiasi inisiatif Deltamas mengurangi kemacetan lalu lintas di kawasan Deltamas dan kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi.

Menurut dia, seiring bertambah lalu lintas nanti seperti Transit Oriented Development (TOD) kereta cepat, pembangunan mal dan perkembangan kawasan industri, keberadaan Jalan Layang Deltamas ini akan sangat menentukan.

"Terkait permasalahan perizinan dari Kementerian PUPR tadi sudah diputuskan Bupati, kami akan buat surat pernyataan untuk menjadikan jalan arteri kolektor di Kabupaten Bekasi," katanya pula.

Sementara itu, Operations Director PT Puradelta Lestari Tbk Tommy Satriotomo mengatakan Jalan Layang Deltamas dibangun dengan tujuan untuk memajukan Kabupaten Bekasi mengingat banyak investasi dari luar negeri di daerah itu.

"Kami juga bekerja sama dengan Pemkab Bekasi untuk memajukan Kabupaten Bekasi, karena kami dari Deltamas juga mencoba memasukkan investasi itu ke Kota Deltamas. Kita mau ekonomi Kabupaten Bekasi ini tumbuh secara signifikan," katanya.

Dengan semakin banyak penanam modal yang masuk ke Kabupaten Bekasi, maka infrastruktur fisik juga harus ditingkatkan. Selain itu, kecepatan membangun jalan layang ini tentu juga harus selaras dengan aturan pemerintah.

"Mudah-mudahan MoU bisa cepat selesai, untuk saat ini progres pembangunan flyover baru berjalan 30 persen," kata dia pula.
Baca juga: Anies Baswedan resmikan dua jalan layang di Bekasi
Baca juga: Jasa Marga sempurnakan sambungan badan Jalan Tol MBZ


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023