... salah satu ABK melihat ada kepulan asap, kemudian yang bersangkutan turun ke dek kapal memastikan ternyata terjadi kebakaran di salah satu kendaraan JNT Cargo nomor plat B 9239 WXW
Lampung Selatan (ANTARA) - Penyebab kebakaran Kapal Motor Penumpang (KMP) Tranship 1 milik PT Tranship Indonesia yang berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung, akibat  mobil ekspedisi kargo JNT terbakar.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin, di Bakauheni, Jumat,  mengatakan, penyebab terbakarnya kapal KMP Tranship di Pelabuhan Bakauheni akibat adanya mobil ekspedisi kargo bermuatan paket terbakar.

"Pada saat diperjalanan masih di wilayah Merak di Pulau Tempurung, salah satu ABK melihat ada kepulan asap, kemudian yang bersangkutan turun ke dek kapal memastikan ternyata terjadi kebakaran di salah satu kendaraan JNT Cargo nomor plat B 9239 WXW," ucapnya.

Pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait dari mana titik utama api yang membakar mobil ekspedisi JNT tersebut.

Baca juga: Kebakaran dialami KMP Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni Lampung

"Mobil tersebut bermuatan barang-barang berupa sepeda motor listrik, kasur busa, dan sparepart lainnya, dan untuk api masih kita lakukan penyelidikan. Patut diduga memang berasal dari baterai sepeda motor listrik," katanya.

Kapolres menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal feri KMP Transip 1 tersebut.

"Alhamdulillah secara keseluruhan berkat kesigapan dari teman-teman ASDP, Polres, TNI, Basarnas, seluruh penumpang selamat. Kondisi kapal juga selamat utuh dan seluruh kendaraan yang ada di dalam kapal selamat. Hanya satu saja, ini pun (truk JNT Cargo) selamat, hanya beberapa barang saja yang terbakar," ujarnya.

Baca juga: Adpel Bakauheni imbau penumpang waspada kebakaran

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023