Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat menggencarkan penggalangan dana pada Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) dengan menyebar 149.086 amplop ke sekolah-sekolah di wilayah tersebut.

"Jadi ada amplop donasi kemanusiaan guru, orang tua, wali murid, totalnya (Sudindik) Jakbar II, 149.086 amplop," kata Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Barat, Junaedi saat ditemui pada Jumat.

Program tersebut, kata Junaedi, merupakan kolaborasi antara Suku Dinas Pendidikan (Sudindik) Jakarta Barat dengan PMI setempat untuk mendukung aksi kemanusiaan PMI.

"Rencananya disebar ke sekolah-sekolah di Jakbar pada Senin (23/10) mendatang," kata Junaedi.

Kepala PMI Jakarta Barat (Jakbar) Beky Mardani mengatakan pihaknya juga telah menyebar kupon dan proposal serta kotak bantuan di mal-mal, kafe dan pusat kegiatan ekonomi lain untuk menyentuh langsung masyarakat yang ingin berdonasi.

"Target Rp6,5 miliar tahun ini sangat realistis dicapai bahkan bisa lebih, karena dibandingkan tahun lalu kita bisa mengumpulkan dana sebanyak Rp6,6 miliar, padahal targetnya hanya Rp6 miliar," kata Beky.

Baca juga: PMI Jakarta Barat salurkan 50 ribu liter air bersih
Baca juga: PMI Jakbar ajak masyarakat berkontribusi pada "Bulan Dana PMI 2023"


Beky mengimbau seluruh pihak agar membantu PMI dalam mengumpulkan donasi karena dana sosial tersebut dipakai hampir 50 persen untuk bantuan penanggulangan bencana alam atau peristiwa kebakaran di wilayah Jakbar.

"Sejak Januari 2023, sudah 77 kali PMI Jakbar membantu masyarakat hanya dari peristiwa kebakaran, belum kegiatan yang lainnya," kata Beky.

Bulan Dana PMI dilaksanakan setiap tahun selama tiga bulan yang dimulai dari September, Oktober dan November.

Kegiatan itu bertujuan untuk mengumpulkan dana kemanusiaan dari seluruh lapisan masyarakat. Dana yang terkumpul akan digunakan PMI sebagai sumber pembiayaan operasional, memberi bantuan saat bencana alam atau peristiwa, kegiatan sosial dan pelatihan relawan.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023