Prospek pengembangan biomassa sangat menjanjikan karena dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.
Banda Aceh (ANTARA) - PT PLN Energi Primer Indonesia (EPI) menargetkan Aceh Tamiang menjadi sumber biomassa energi terbarukan, melalui kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terkait sinergi pengembangan dan pengelolaan biomassa berbasis pemanfaatan sumber daya alam sebagai energi terbarukan PLTU.

“Dari aspek biomassa ini hulunya itu ada tiga fungsi yang memang harus kerja sama dengan masyarakat dan pemerintah daerah setempat, termasuk pebisnis atau industri, BUMD maupun koperasi lokal,” kata Direktur Biomassa PT PLN EPI Antonius Aris Sudjatmiko, di Aceh Tamiang, Aceh, Jumat (20/10).

Kerja sama tersebut secara langsung ditandatangani oleh Antonius Aris Sudjatmiko selaku Direktur Biomassa PT PLN EPI, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman, serta Direktur PT Palma Banna Mandiri Nazaruddin Inrahim.

Ia menjelaskan, tiga unsur utama untuk biomassa adalah lahan, pupuk, dan tenaga kerja. Lahan yang tersedia nantinya akan ditanami segala jenis pohon dan tanaman pertanian untuk bahan baku biomassa. Tentunya tidak berkompetisi dengan lahan pangan yang sudah ada.

“Maka lahannya itu adalah lahan tumpang sari atau lahan kritis yang dikelola,” ujarnya pula.

Untuk tenaga kerja, kata Antonius, bukan dari pekerja baru, namun justru memberdayakan masyarakat setempat baik dari petani, peternak dan pekebun di daerah itu.

“Jadi sembari bekerja sehari-hari mereka bisa ikut dalam proses produksi maupun penanaman pembibitan biomassa,” katanya lagi.

Selanjutnya terkait pupuk juga akan dikerjasamakan, bersinergi dengan mengoordinir masyarakat menggunakan pupuk organik yang berasal pengelolaan pemrosesan dari fly ash bottom ash (FABA).

“Itu akan memberikan masyarakat ikut memproduksi pupuk secara organik dari bahan baku FABA dengan kotoran ternak, limbah pertanian, perkebunan dan limbah-limbah lain-lain,” katanya pula.

Menurut dia, semua yang berbentuk tanaman bisa menjadi biomassa. Mulai dari sekam, jerami padi, bonggol jagung, ampas tebu dan semua tipe ranting-ranting pohon, kemudian dicacah untuk dijadikan serbuk untuk Co-Firing PLTU pengganti bahan bakar fosil.

Direktur PT Palma Banna Mandiri Nazaruddin mengatakan selaku mitra penyuplai bahan bakar ke PLN EPI, pihaknya menilai prospek pengembangan biomassa sangat menjanjikan karena dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, di samping untuk kebutuhan PLN EPI.

Selama ini, kata dia lagi, PT Palma Mandiri telah menyuplai bahan bakar biomassa ke PLTU Pangkalan Susu, Sumatera Utara, dan Nagan Raya, Aceh.

“Kebetulan kebun yang akan kami bangun adanya di wilayah Desa Kaloy, Aceh Tamiang seluas 3.500 hektare yang sudah selesai perizinan APL-nya bekerja sama dengan tiga lembaga koperasi lokal,” ujarnya.

Ia menilai, Kabupaten Aceh Tamiang dipilih karena jarak tempuh angkutan lebih dekat dari PLTU Pangkalan Susu. Selain itu, dukungan dari pemerintah daerah juga sangat serius untuk kepentingan kegiatan biomassa.

“Jadi selama ini kami suplai berupa sekam padi dan serbuk kayu yang kami kumpulkan dari panglong-panglong kecil di wilayah Tamiang. Di Aceh Tamiang cocok karena ongkos angkutan untuk kebutuhan PLTU Pangkalan Susu masih terpenuhi,” ujarnya pula.

Sementara untuk kebutuhan PLTU Nagan Raya, pihaknya juga mulai menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Banda Aceh, dan Aceh Barat.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman memastikan untuk bahan baku biomassa sangat mencukupi di Aceh Tamiang. Pihaknya tidak meragukan kerja sama tersebut, karena sebelumnya sudah pernah dibahas dengan pihak PT Palma Mandiri sebagai pengelola.

“Begitu pihak PT Palma menghubungi saya, mereka membawa konsep, kami telaah secara hukum cocok kami dukung penuh,” kata Meurah lagi.
Baca juga: KESDM minta perbanyak penggunaan limbah sawit untuk co-firing PLTU
Baca juga: PLN EPI-Semen Kupang sepakat kembangkan biomassa untuk co-firing PLTU

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023