Dunia perlu bersuara dan menyerukan gencatan senjata segera, keadilan dan kebebasan bagi warga Palestina dan semua warga sipil yang terdampak,
London (ANTARA) - Greta Thunberg menyatakan dukungannya kepada rakyat Palestina seiring dengan konflik di Gaza yang telah berlangsung selama dua pekan.

"Hari ini kami melakukan aksi solidaritas terhadap Palestina dan Gaza. Dunia perlu bersuara dan menyerukan gencatan senjata segera, keadilan dan kebebasan bagi warga Palestina dan semua warga sipil yang terdampak," kata Thunberg melalui platform media sosial X.

Unggahan tersebut disertai dengan sebuah foto Thunberg dan tiga orang lainnya yang sedang memegang poster pro-Palestina dengan tulisan: "Free Palestine", "This Jew Stands with Palestine", dan "Stand with Gaza".

Sebelumnya pada awal pekan ini, aktivis iklim berusia 20 tahun itu dituntut oleh polisi Inggris setelah ditangkap dalam demonstrasi di depan sebuah hotel di London, tempat konferensi migas sedang berlangsung.
Baca juga: Pakar PBB sebut kampanye Israel di Gaza sebagai kejahatan kemanusiaan

Namun, dia telah dibebaskan dengan jaminan dan dijadwalkan hadir di pengadilan pada 15 November.

Jumlah korban tewas di Jalur Gaza akibat serangan Israel yang sedang berlangsung telah meningkat menjadi 4.385 orang, yang 1.756 di antaranya anak-anak, kata sejumlah pejabat Kementerian Kesehatan di wilayah kantong yang terkepung itu, Sabtu.

Sebelumnya pada Sabtu, bantuan kemanusiaan yang terdiri dari 20 truk sudah mulai memasuki Jalur Gaza dari penyeberangan Rafah di Mesir.

Bantuan ini merupakan yang pertama sejak konflik bersenjata pecah antara Israel dan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober, demikian dilansir Anadolu.

Baca juga: Presiden Jokowi: Kekerasan di Gaza harus dihentikan
Baca juga: Yaman serukan aksi darurat dukung Palestina hadapi 'genosida' Israel
Baca juga: Presiden Mesir sebut agresi Israel di Gaza lampaui batas hak bela diri

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023